Sebanyak 33 warga Nduga ditampung di PA Kartini Merauke

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Merauke, Jubi – Sebanyak 33 warga dari sejumlah kampung di Kabupaten Nduga, tiba dengan Kapal Tatamailau, Kamis (19/7/2018) pagi, di Pelabuhan Merauke. Mereka mengungsi dari kampung halamannya pasca kontak senjata antara aparat keamanan bersama kelompok bersenjata, beberapa waktu lalu.

Setelah tiba di pelabuhan, para pengungsi langsung dijemput dan dibawa ke Panti Asuhan (PA) Kartini. Beberapa saat kemudian, Sekretaris Daerah (Sekda) Merauke, Daniel Pauta, didampingi Kapolres Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bahara Marpaung, mendatangi menjenguk mereka di panti.

Kepada sejumlah wartawan, Kamis (19/7/2018), Sekda mengatakan puluhan warga Nduga itu, ditampung sementara di Panti Asuhan Kartini. Mereka juga diberikan bantuan selimut, tempat tidur, dan sejumlah kebutuhan lain.

Sesuai rencana, lanjut Sekda, besok mereka akan berangkat ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

“Saya telah melakukan koordinasi dengan Danlanud. Besok mereka akan diterbangkan menggunakan pesawat Hercules ke Wamena. Semua biaya akan ditanggung pemerintah setempat,” ungkapnya.

Koordinator tim rombongan, Depius Telegen, mengaku sebelumnya selama empat hari mereka berada di Asmat.

Loading...
;

“Kami sempat berada di barak Pemkab Nduga pasca kejadian. Setelah situasi mulai aman, kami dibawa dengan mobil dan diungsikan di Batas Batu, perbatasan Kabupaten Asmat dan Nduga,” katanya.

Lalu, demikian Depius, dengan menggunakan longboat mereka menyusuri sungai selama dua hari menuju Kota Agatz.

“Tiga hari kami tinggal di Agatz,” ungkapnya.

Dikatakan, mereka memutuskan naik KM Tatamailau ke Merauke, karena akan melanjutkan perjalanan ke Wamena. Dari Wamena mereka masih akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Lany Jaya.

“Kenapa kami ke Lani Jaya, karena puluhan masyarakat ini berasal dari sana. Sehingga mereka ingin pulang ke kampung halamannya,” kata dia. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top