Follow our news chanel

Previous
Next

Sebanyak 8.944 KTP syarat maju calon perseorangan pemilukada Yalimo

Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen saat menunjukkan formulir B.1-KWK untuk syarat dukungan bagi calon perseorangan di pemilukada setempat. -Jubi/Islami
Sebanyak 8.944 KTP syarat maju calon perseorangan pemilukada Yalimo 1 i Papua
Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen saat menunjukkan formulir B.1-KWK untuk syarat dukungan bagi calon perseorangan di pemilukada setempat. -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo mengeluarkan syarat dukungan bagi calon perseorangan, yang akan maju pada pemilukada serentak 2020, dibuktikan dengan 8.944 KTP elektronik.

Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen, di sekretariat KPU Yalimo di Wamena, Selasa (5/11/2019) mengatakan, sejak 26 Oktober 2019 pihaknya telah mengeluarkan pengumuman persyaratan bagi calon perseorangan, setelah dilakukan rapat pleno penetapan.

“KPU Yalimo telah menetapkan syarat minimal dukungan untuk calon perseorangan dan persebarannya. Dimana, syarat minimal dukungan sebanyak 8.944 yang harus digalang oleh calon yang akan maju melalui calon perseorangan, dan persebarannya berada di tiga dari lima distrik yang ada di Yalimo,” kata Walianggen.

Menurutnya, syarat minimal ini mengalami kenaikan dibandingkan pemilukada sebelumnya pada 2015, dimana penentuan syarat minimal jumlah dukungan e-KTP ini, berpatokan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir yaitu 89.438 dikali 10 persen sehingga mendapatkan jumlah 8.944 dukungan.

Selain itu, lanjutnya, penggalangan syarat dukungan minimal itu dibuktikan dengan formulir B.1-KWK, dimana dukungan foto copy e-KTP ditempelkan di lembara pernyataan yang akan diberikan oleh seseorang kepada calon perseorangan.

“Jadi formatnya sudah berubah, salinan KTP nantinya ditempel di depan, kalau dahulu salinan KTP-nya ditempel di belakang, kecuali surat keterangan dari kependudukan itu bisa dilampirkan dari belakang, khusus yang belum memiliki KTP elektronik,” katanya.

Loading...
;

Dengan begitu, kata Yehemia, dalam penggalangan dukungan e-KTP calon bersangkutan bisa langsung memverifikasi sembari berkoordinasi dengan KPU, sehingga disaat pendaftaran yang bersamaan dengan calon dari partai politik, KPU tidak lagi memverifikasi karena semua sudah terverifikasi saat penggalangan dukungan KTP.

“Namun sejak dibuka pengumuman untuk syarat dukungan calon perseorangan ini, hingga kini belum ada yang datang ke KPU untuk mengambil formulir B.1-KWK dan berkoordinasi dengan kami,” katanya.

Di tempat berbeda Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya, mengaku sejak tahapan pemilukada di Yalimo dimulai, kepolisian tetap melakukan pengamanan di seluruh wilayah Yalimo.

“Kami sudah mempersiapkan pengamanan, kebetulan dari detasemen D Brimob Polda Papua diperbantukan untuk mengamankan di Yalimo dibantu brimob nusantara, baik faktor keamanan maupun menjelang pelantikan DPRD Yalimo, hingga tahapan pemilukada sudah disiapkan,” kata kapolres. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top