Follow our news chanel

Sebelum bebas, tapol Papua di Jakarta akan jalani rapid test

Michael Himan bersama kelima tahanan politik Papua – dok Michael untuk Jubi

Sebelum bebas, tapol Papua di Jakarta akan jalani rapid test 1 i Papua
Suasana Rutan Salemba dari depan, Selasa [12/5/2020] pagi. Hingga pukul 11.00 WIB, tim kuasa hukum dan kerabat Tapol masih menanti di luar rutan – Ruth untuk Jubi
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Setelah Issay Wenda bebas dua pekan lalu, hari ini, Selasa [12/5/2020], giliran empat dari lima tahanan politik (tapol) Papua di Jakarta bisa menghirup udara kebebasan di luar Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Keempat tapol Papua tersebut adalah Dano Anes Tabuni, Ambrosius Mulait, Paulus Suryanta Ginting, dan Charles Kossay.

Selain melengkapi administrasi, Surya Anta dkk ini akan menjalani rapid test [skrining awal] untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

“Saya sedang siapkan alat rapid test-nya,” kata Ruth Ogetay, perawat tapol Papua yang juga anggota Tim Advokasi Papua, kepada Jubi pagi ini melalui selulernya.

Ruth, yang pernah bekerja sebagai analis di Laboratorium RS PGI Cikini, Jakarta Pusat, itu menjelaskan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona, pihaknya pun ingin memastikan kondisi kesehatan Surya Anta dkk sebelum keluar dan bertemu keluarga dan kerabatnya.

“Itu hanya butuh waktu sebentar, sekitar 5-10 menit untuk tahu hasilnya. Kalau hasilnya negatif, baru mereka boleh ketemu keluarga dan teman-teman ikut jemput nanti,” kata Ruth.

“Sementara Surya dkk mendekati detik-detik pembebasannya, namun “belum ada kepastian bagi Ariana Elopore,” kata Michael Himan kepada Jubi, yang dihubungi terpisah.

Loading...
;

Mike baru mendapat informasi tentang ketidakpastian pembebasan Ariana pada Senin [11/5/2020] malam dari pihak Kejaksaan. Dijelaskan Mike, pihak Kejakasaan telah mengirimkan surat untuk membebaskan Ariana pada hari ini, bersamaan dengan empat tapol lainnya, namun ada hambatan lain.

Ariana, yang ditahan di Pondok Bambu–rutan khusus perempuan, itu dinyatakan “belum bisa keluar” karena harus menjalani masa karantina yang diberlakukan pihak rutan, bersama para tahanan lainnya.

“Kata Jaksa, ada 12 orang [tahanan] positif [Covid-19] di dalam LP itu, sehingga Ariana tidak dimungkinkan untuk keluar [hari ini] karena sedang jalani karantina,” jelas Michael.

Menanggapi penjelasan pihak Kejaksaan, Michael mengatakan pihaknya akan langsung menemui pihak Rutan Pondok Bambu untuk mendengar langsung penjelasan tentang alasan “penahanan” kliennya.

Kelima tapol ini Mereka didakwa dengan tuduhan makar dan pemufakatan jahat, dengan Pasal 106 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP atau Pasal 110 ayat (1) KUHP.

Abaikan pengajuan banding

Sebelum bebas, tapol Papua di Jakarta akan jalani rapid test 2 i Papua
Michael Himan bersama kelima tapol Papua – dok Michael untuk Jubi

Michael juga menjelaskan pembebasan lima kliennya karena sudah memenuhi syarat yang diatur dalam pembebasan bersyarat keputusan menteri terkait pembebasan narapidana dengan persyaratan tertentu untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Kepmen ini tertuang dalam surat Keputusan Menteri Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

Para tapol Papua di Jakarta dihukum 9 bulan pidana penjara kecuali Isay Wenda 8 bulan penjara.

Michael mengatakan para tapol Papua Jakarta tidak mengajukan upaya banding dengan alasan pandemi Covid-19 sehingga fokus para tapol Papua Jakarta terkait keselamatan dan kesehatan.

“Keputusan ini diambil melalui proses diskusi yang mendalam antara tapol, keluarga, dan penasihat hukum untuk tidak mengajukan upaya hukum,” jelas Michael, dalam siaran pers Tim Advokat Papua, yang diterima Redaksi Jubi. [*]

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top