Follow our news chanel

Sebelum tahapan Pilgub, rekrutmen MRP harus rampung

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Anggota Fraksi Demokrat DPR Papua, Thomas Sondegau berharap rekrutmen dan pelantikan anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) rampung sebelum tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua 2018 dilaksanakan.

Ia khawatir, jika lembaga kultur orang asli Papua itu  masing kosong, proses verifikasi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua akan terhambat.

"Dalam tahapan Pilgub Papua, tugas MRP memverifikasi keaslian bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Itu sesuai amanat UU Otsus Papua Nomor 21 Tahun 2001," kata Thomas kepada Jubi, Rabu (8/2/2017).

Jika rekrutmen dan pelantikan anggota MRP belum terlaksana ketika tahapan Pilgub, Sondegau khawatir akan dimanfaatkan pihak-pihak tertentu.

"Jangan sampai kerena tak ada lembaga yang memverifikasi, keaslian para bakal calon tak lagi menjadi prioritas. Orang akan seenaknya," ujarnya.

Panitia Pemilihan (Panpil) Provinsi Papua telah melakukan tahapan rekrutmen panpil wilayah adat dan kabupaten/kota. Namun ia menilai, sejauh mana hasil kerja panpil provinsi kini tak banyak diketahui.

Loading...
;

"Mereka tak mempublikasikan di media sejauh mana perjalanannya. Harusnya terbuka dan masyarakat tahu," katanya.

Anggota Panpil MRP Provinsi Papua, Fien Yarangga mengatakan, pihaknya telah melakukan tahapan verifikasi dan pleno penetapan calon anggota panpil dan panitia pengawas kabupaten/kota.

"Proses rekrutmen Panpil di kabupaten/kota telah rampung, 2 Januari 2017,” kata kata Fien Yarangga kepada Jubi belum lama ini.

Pemerintah kabupaten/kota sudah mengusulkan lima nama calon anggota Panpil yang akan diverifikasi dan diplenokan di provinsi. Tiga perwakilan dari pemerintah dan dua dari masyarakat.

Untuk panitia pengawas, satu dari kepolisian, satu dari kejaksaan dan satu dari masyarakat.

"Jika semua tahapan berjalan tanpa hambatan, kemungkinan rekrutmen calon anggota MRP bisa dilaksanakan April mendatang," ujarnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top