Sebuah heli Bell disiagakan selama darurat kebakaran hutan Riau

Pemadaman kebakaran hutan dengan bom air, pixabay.com
Sebuah heli Bell disiagakan selama  darurat kebakaran hutan Riau 1 i Papua
Pemadaman kebakaran hutan dengan bom air, pixabay.com

Sudah ditempatkan sejak pekan lalu dan dipastikan bisa membantu operasi pemadaman dari udara atau water bombing dengan kapasitas 500 liter  hingga 1.000 liter air.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Pekanbaru, Jubi – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menempatkan satu helikopter jenis Bell untuk membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan selama masa siaga darurat di Provinsi Riau.  Heli tersebut sudah ditempatkan di Riau sejak pekan lalu dan dipastikan bisa membantu operasi pemadaman dari udara atau water bombing dengan kapasitas 500 liter  hingga 1.000 liter air.

“Selain itu, heli Bell 142 tersebut juga bisa digunakan untuk membantu patroli Satgas Karhutla Riau. Satu helikopter itu untuk patroli dan water bombing,” kata Direktur Pengendalian Karhutla KLHK, Basar Manulang, Senin, (9/3/2020).

Baca jugaKalteng alokasikan Rp200 miliar untuk penanganan kebakaran hutan

Kebakaran hutan gunung Rinjani meluas

Kebakaran hutan dan lahan di daerah ini matikan satwa endemik

Loading...
;

Ia mengatakan heli tersebut mendapat jatah jam terbang selama 100 jam. Namun, pada prinsipnya KLHK tidak membatasi berapa lama heli tersebut berada di Riau selama masih dibutuhkan.

“Heli kita tidak batasi, ada 100 jam dan kalau nanti perlu kita siagakan terus di sini,” ujar Manulang menambahkan.

Ia mengatakan KLHK juga meminta petugas pemadam kebakaran Manggala Agni untuk siaga menghadapi karhutla tahun ini. KLHK juga koordinasi kesiapsiagaan aparat dengan Manggala Agni untuk bersinergi dengan TNI-Polri dan masyarakat. “Itu dilakukan dengan sistem satu komando,” katanya.

Gubernur Riau, Syamsuar, menyatakan sudah menetapkan status siaga darurat sejak 11 Februari hingga 31 Oktober 2020 dalam upaya kesiapsiagaan Karhutla. “Siaga darurat karhutla selama 240 hari,” kata Syamsuar. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top