Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Sedikit minat pelajar masuk Fisika MIPA Uncen

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Ketua program studi jurusan Fisika, Fakultas Matematika Ilmu Alam (MIPA) Octolia Togibasa PhD mengaku minat pelajar untuk melanjutkan studi fisika sangat sedikit dan perlu perjuangan keras.

“Memang jumlah setiap tahun berkisar atau kurang dari 20 mahasiswa tetapi banyak yang tidak melanjutkan pendidikan. Kalau sudah melewati semester tahap pertama sudah bagus,”katanya kepada Jubi di ruang dosen FMIPA jurusan Fisika Uncen, Senin (27/8/2018).

Sedikit minat pelajar masuk Fisika MIPA Uncen 1 i Papua

Togibasa menambahkan dari 20 mahasiswa baru, hanya sekira 11 atau 16 mahasiswa saja yang melanjutkan hingga tingkat sarjana. “Minimal mereka bisa bertahan sampai semester III, jika lolos pasti bisa selesai,”kata alumni program doctoral dari Universitas Hankuk, Korea Selatan.

Menyinggung soal penelitian, Togibasa menegaskan meskipun di laboratorium fisika Uncen peralatan terbatas, tetapi bisa melakukan research. “ Mungkin di sini kurang industry, sehingga minat untuk menjadi mahasiswa fisika sangat sedikit,”katanya seraya menambahkan kalau pendidikan dasar fisika maupun MIPA di Kota Jayapura mampu bersaing dengan luar Papua.

Kata dia murid SMA Negeri IV Kota Jayapura atas nama Maharani Bahar pernah ikut bersaing dalam Olimpiade Fisika tingkat nasional. “ Jadi SMA di Papua khususnya di Kota Jayapura tidak kalah dengan luar Papua,”katanya.

Sementara itu seorang mahasiswa MIPA jurusan fisika angkatan 2015, David Sokoy mengaku saat ini total jumlah mahasiswa angkatannya hanya 11 mahasiswa dari jumlah sebelumnya 18 mahasiswa.

Loading...
;

Sedangkan angkatan 2014 kata David Sokoy, tinggal tiga orang saja yang bertahan dan berkuliah menyelesaikan studi mereka.

“Saya sendiri heran kenapa sangat sedikit minat pelajar studi fisika, padahal banyak hal menarik dalam belajar fisika,”katanya seraya menambahkan total anak-anak Papua yang sedang studi fisika di Uncen sebanyak tujuh mahasiswa saja.

Dikutip dari laman resmi FMIPA Uncen, visi Fakultas FMIPA adalah mempersiapkan dan membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)  yang berhubungan dengan ilmu-ilmu dasar dan terapan untuk dapat diaplikasikan kepada masyarakat. Fakultas MIPA berdiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No : 045c/O/1998, jo surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi  No : 3208/D/T/2002, tanggal 28 Oktober 2002. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top