Sejumlah pimpinan SKPD berstatus Plt, DPRD Merauke angkat bicara

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Merauke, Jubi – Sebagian besar pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke yang dilantik setahun silam, masih berstatus sebagai pelaksana tugas (Plt).

Status Plt yang ‘diemban’ sejumlah pejabat di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) itu, mendapat perhatian serius dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke.

“Saya ingin mempertanyakan kepada pemerintah, status pelaksana tugas dari seorang pejabat di SKPD berapa lama. Ini harus ada penjelasan, sehingga dewan juga mengetahui pasti,” ujar Wakil Ketua DPRD Merauke, Beny Latumahina dalam pertemuan dengan Asisten I Setda setempat, Gregorius Tuan Tana Kamis (27/4/2017).

Ditegaskan, jika seorang pejabat dipercayakan sebagai pimpinan di salah satu instansi dan masih berstatus sebagai Plt, tentunya ada batasan tugas dan tanggungjawab dijalankan, terutama berkaitan dengan penggunaan anggaran.

“Sesuai aturan, kuasa pengguna anggaran di setiap SKPD adalah kepala dinas definitif. Bagaimana mungkin anggaran bisa dijalankan, sementara mereka masih sebagai pelaksana tugas,” tegasnya.

Diharapkan pemerintah mengkaji secara baik dan benar, berkaitan dengan status pejabat yang masih plt. “Saya yakin pejabat di SKPD yang masih plt, tentu tak bisa mengambil keputusan berlebihan, apalagi berkaitan dengan penggunaan anggaran,” tuturnya.

Loading...
;

Hal yang sama disampaikan anggota dewan lain, Heribertus Silubun. “Memang pada pelantikan setahun silam, sebagian pejabat yang dilantik, masih sebagai pelaksana tugas,” katanya.

“Saya kira ini menjadi catatan bagi pemerintah agar status pejabat di setiap SKPD, definitif agar dapat melakukan atau menjalankan tugasnya sebagai kuasa pengguna anggaran,” pintanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top