Follow our news chanel

Sejumlah Venue PON XX Papua akan sekelas Olimpiade

Papua
Pembangunan Venue Sepatu Roda / Dok. Kementerian PUPR

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Salah satu arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang dikerjakan berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres), yakni venue sepatu roda, kini sudah memasuki progres pengerjaan 52,61 persen. Venue ini berada di kawasan Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Kota Jayapura, Papua.

Terhitung hingga minggu ke-36, 3 November 2020, progres pembangunan venue sepatu roda ini lebih cepat sedikit dari target yang direncanakan, yakni 51,27 persen.

Diungkapkan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Papua, Anggoro Putro, proses pembangunan venue sepatu roda ini masih berjalan progresif dan sesuai agenda.

“Sampai saat ini pembangunan venue sepatu roda ini masih berjalan progresif. Progresnya sudah di angka 52,61 persen,” ujar Anggoro, Sabtu (14/11/20).

Venue ini dibangun di atas lahan seluas 26.520,79 meter persegi dengan luas bangunan 6.067,60 meter persegi. Venue sepatu roda ini berkapasitas daya tampung tribun sebanyak 650 orang.

Pembangunan venue sepatu roda ini sepaket dengan venue panahan dan dayung yang menelan anggaran senilai Rp116 miliar lebih, dan ditargetkan rampung pada April 2021 mendatang.

Venue cabang olahraga sepatu roda yang disiapkan menjelang hajatan PON XX tahun 2021 mendatang diklaim bakal menjadi yang terbesar di Benua Asia. Hal ini disampaikan Technical Delegate (TD) PB Perserosi, Jefri Abel.

Loading...
;

Kata Jefri, venue ini diyakini bakal menjadi yang terbesar di kawasan Asia untuk arena indoor-nya.

“Stadion indoor sepatu roda ini bisa jadi yang terbaik dan terbesar pertama di benua asia,” ujarnya.

Dirinya berharap, venue ini tak hanya dipersiapkan untuk ajang PON XX saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menggelar kejuaraan kelas dunia. Pasalnya, dengan sertifikasi internasional, setiap pemecahan rekor baru di venue ini akan diakui di seluruh dunia.

“Kami berharap, venue ini tak hanya disiapkan untuk agenda PON saja, tetapi juga menggelar agenda internasional selepas PON nantinya. Selain itu, hasil di PON nanti bisa menjadi barometer apakah akan tercipta pemecahan rekor asia atau bahkan rekor dunia,” tuturnya.

Abel juga berangan-angan venue ini bisa digunakan pada ajang sekelas Olimpiade 2022, jika saja Indonesia memenangkan bidding sebagai tuan rumah.

“Venue ini bisa digunakan untuk menggelar event Olimpiade, jika saja Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade 2022. Harapan kita bisa ambil bagian di situ,” pungkasnya.(CR-4)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top