Follow our news chanel

Previous
Next

Sekda bantah informasi terkait Gubernur Papua terpapar Covid-19

Penjabat Sekda Papua Ridwan Rumasukun saat memberikan keterangan pers kepada wartawan - Jubi/Roy Ratumakin.
Sekda bantah informasi terkait Gubernur Papua terpapar Covid-19 1 i Papua
Penjabat Sekda Papua Ridwan Rumasukun saat memberikan keterangan pers kepada wartawan – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua, Lukas Enembe dikonfirmasi tengah menjalani tes kesehatan di Jakarta. Penjabat Sekda Papua, Ridwan Rumasukun membantah kabar yang menyebut kini Gubernur Papua terpapar covid-19.

“Kami lalukan klarifikasi ya, pak gubernur tidak terpapar covid-19 tetapi beliau seharusnya sudah harus berangkat ke Jakarta seminggu yang lalu untuk check up kesehatan, namun baru bisa terbang ke Jakarta tadi subuh,” kata Ridwan, Selasa (14/4/2020) di Jayapura.

Dikatakan, penundaan berangkat yang dilakukan Gubernur Lukas karena beliau masih melakukan pertemuan dengan Satgas Covid-19 Papua soal perubahan status Papua dari Siaga Darurat ke Tanggap Darurat.

“Apalagi, kasus positif sudah ditemukan di wilayah pegunungan Papua. Ini yang membuat beliau kepikiran dan mengurungkan niat untuk ke Jakarta. Namun karena beliau ditelepon terus oleh dokter dari Jakarta untuk segera ke sana guna lakukan pemeriksaan kesehatan, beliau dengan terpaksa berangkat tadi subuh menggunakan pesawat carteran Batik Air,” ujarnya.

Ia juga meralat informasi yang menyebut Gubernur membawa banyak rombongan ke Jakarta.

“Informasi soal 37 orang dalam penerbangan tersebut tidak benar. Hanya sembilan orang termasuk pak gubernur. Saya juga meminta kepada media massa yang sudah menarasikan terkait 37 orang agar segera melakukan klarifikasi. Jadi saya minta kepada teman-teman jurnalis untuk pakai etika jurnalistiknya,” katanya.

Loading...
;

Ridwan pun tak segan-segan untuk melakukan upaya hukum terhadap media yang menyebarkan hoaks mengenai kondisi kesehatan Gubernur Papua, Lukas Enembe.

“Ke depan kami akan lihat bagaimana dengan media ini. Kami akan ambil langkah-langkah melaporkan ke Dewan Pers agar menjadi pembelajaran bagi teman-teman media. Pada posisi (covid-19) saat ini, kita harus membuat masyarakat tenang bukan sebaliknya membuat gaduh dengan pemberitaan yang tidak benar,” ujarnya.

Disinggung soal kondisi terkini Gubernur Lukas Enembe, Ridwan mengatakan kondisi gubernur dalam keadaan sehat dan saat ini berada di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta

“Untuk kembali ke Papua, semuanya tergantung dokter yang menangani beliau di Jakarta,” katanya.

Juru Bicara Satgas Pencegahan Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule mengatakan, dua minggu lalu, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap gubernur Papua untuk mengetahui apakah yang bersangkutan terpapat covid-19 atau tidak.

“Pemeriksaan yang kami lakukan bukan melalui rapid test, akan tetapi PCR dan hasilnya negatif. Kalau ada rumor yang mengatakan beliau positif itu tidak betul. Kami bisa mempertanggungjawabkan dengan hasil pemeriksaan tersebut,” kata Silwanus.

Silwanus membenarkan bahwa, sebelumnya gubernur Papua masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP). Namun setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan negatif covid-19.

“Status terakhir sebagai ODP. Secara prosedur memang 14 hari harus melakukan isolasi mandiri. Setelah 14 hari, kami mengambil langkah-langkah bersama dokter pribadi gubernur untuk melakukan pemeriksaan. Kami juga melibatkan teman-teman dari Litbangkes dan hasilnya negatif. Itu sudah sesuai dengan SOP yg ada,” ujarnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top