Follow our news chanel

Previous
Next

Sekolah boleh izinkan siswa bawa HP asal untuk hal positif

Ilsutrasi pengguna handphone. -Tempo.co
Sekolah boleh izinkan siswa bawa HP asal untuk hal positif 1 i Papua
Ilsutrasi pengguna handphone. -Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Ted Yones Mokay, mengatakan seiring makin berkembangnya teknologi komunikasi, penggunaan handphone (HP) oleh siswa di lingkungan sekolah bisa diizinkan asal untuk hal-hal positif.

“Penggunaan handphone tergantung tujuannya karena di era teknologi ini sekarang orang gunakan sebagai rumah belajar, dan juga ada aplikasi dan juga ada sekolah yang sudah canggih itu sehingga aktivitas anak itu dipantau dengan menggunakan handphone,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Ted Yones Mokay, kepada Jubi di ruang kerjanya, Rabu (19/2/2020).

Dengan berbagai aplikasi yang ada di HP juga membuat setiap orang cukup untuk merekam dan mengulangnya kembali.

“Ada orang-orang yang tinggal rekam saja dan pulang untuk diulang. Saya lihat juga anak di usia 4-5 tahun itu sudah pintar berbahasa Inggris dari hasil belajar di handphone. Semua itu kembali kepada orangtua dalam pembimbingannya,” ucap Ted Mokay.

Ted berharap setiap orangtua tidak sepenuhnya memberikan kebebasan kepada anak dalam menggunakan handphone, karena banyak hal baik dan buruk di handphone yang dapat ia temukan.

“Saya berharap orangtua harus jaga anak dan tidak kasih bebas mereka main handphone, dengan begitu nanti mereka tidak kerja tugas karena di handphone ini banyak hal baik dan hal yang tidak baik. Untuk anak sekolah silakan gunakan, tapi kalau untuk hal yang negatif lebih baik tidak,” kata Ted Mokay.

Loading...
;

Selama ini banyak sekolah yang mengambil kebijakan tidak mengizinkan siswa membawa handphone (HP) di lingkungan sekolah.

Siswa kelas X SMP Dafonsoro Sentani, Yosua Sefa, mengatakan sekolahnya sudah memberikan izin kepada siswa menggunakan handphone di sekolah.

“Guru izinkan kami gunakan HP di sekolah tapi kalau wali kelas lihat kita main HP nanti ditahan, jadi tidak boleh digunakan untuk bermain seperti Facebook dan yang lain. HP boleh digunakan hanya untuk cari tugas saja,” jelasnya.

Kata Yosua, dengan diberi izin menggunkan handphone dalam mengerjakan tugas, termasuk di sekolah, tentu sangat membantu.

“Kalau ada tugas untuk kerja di rumah itu kami hanya tinggal foto saja tidak perlu lagi tulis dan kalau di sekolah itu pake kerja tugas. Kalau untuk buku dan ballpoint masih tetap kami bawa,” katanya. (*)

 

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top