HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Sekretaris KPU Lanny Jaya didesak gelar evaluasi kinerja

Komisioner KPU Lanny Jaya, Yunes R. Kogoya – Jubi/dokumen pribadi
Sekretaris KPU Lanny Jaya didesak gelar evaluasi kinerja 1 i Papua
Komisioner KPU Lanny Jaya, Yunes R. Kogoya – Jubi/dokumen pribadi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lanny Jaya, Yunes R. Kogoya, mendesak Sekretaris KPU Lanny Jaya, Eribur Kogoya, segera menggelar evaluasi pelaksanaan kerja di lembaga tersebut.

Evaluasi pelaksanaan kerja ini sebelumnya telah disepakati akan dilakukan tetapi hingga kini hal itu belum dilakukan sesuai tahapan yang ada.

Sekretaris KPU Lanny Jaya didesak gelar evaluasi kinerja 2 i Papua

“Kami mendesak Sekretaris KPU Lanny Jaya, Bapak Eribur Kogoya, untuk segera memfasilitasi rapat evaluasi yang pernah disepakati pada bulan Desember lalu usai penetapan calon DPRD terpilih periode 2019-2024,” kata Yunes, kepada wartawan di Jayapura, Selasa (11/3/2020).

Yunes mengatakan manfaat evaluasi pelaksanaan kerja sangat penting bagi kinerja KPU ke depan.

“Karena evaluasi sangat penting dilakukan di mana untuk ketahui input dan output daripada kegiatan agenda nasional Pilpres dan pileg itu sendiri, agar ke depan Lanny Jaya dalam menghadapi demokrasi berjalan aman dan terkendali,” jelasnya

Mengingat masa kerja komisioner KPU Lanny Jaya baru akan berakhirnya pada 2023, ada beberapa tahapan yang akan ditangani oleh pihaknya, sehingga jika belum ada evaluasi lalu masuk dengan tahapan berikutnya maka di internal KPU akan menjadi persoalan tersendiri.

“Tupoksi Sekretaris KPU sangat jelas, yakni membantu dan melaksanakan apa yang menjadi keputusan KPU, itu wajib hukum, lebih jelas di UU No.15 tahun 2011 Kewenangan, Kewajiban, dan Tanggung Jawab sekretaris tanpa ada informasi yang jelas dari sekretaris kepada KPU lalu melakukan penundaan sampai bulan Februari, kalo memang seperti begini kami KPU bisa menilai dari sisi negatif,” kata Yunes Kogoya.

Pria yang akrab disapa Riko ini mengatakan seharusnya alasan penundaan ini dijelaskan.

“Supaya masing-masing komisioner mengetahui alasannya, saya berharap agar setiap tahapan kerja KPU dapat berjalan sesuai SOP dan aturan yang ada,” kata Kogoya.

Ketua KPU Provinsi Papua, Theodorus Kossay, mengatakan semua kabupaten dan kota harus menjalankan tugas dan fungsinya sesuai aturan.

“Saya berharap agar semua tahapan yang dilakukan di setiap kabupaten dan kota itu sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga tahapan-tahapan diberikan itu dilakukan sesuai waktu yang diberikan oleh KPU Pusat dapat dilaksanakan oleh KPU di setiap kabupaten dan kota,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top