Follow our news chanel

Sekretaris KPU Paniai cetak logistik pemilu tanpa izin komisioner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Sekretaris Komisi Pemilihan Umum KPU) Kabupaten Paniai, Papua berinisial YP diduga melanggar aturan dengan mencetak sebagian besar logistik Pilkada Bupati dan Wakil Bupati tanpa sepengetahuan lima orang Komisioner KPU Paniai.

Ketua Divisi Hukum KPU Paniai, Zebulon Gobai mengatakan, Komisioner KPU tidak pernah menggelar pleno terkait pencetakan logistik pemilu.

"Tidak pernah kami plenokan soal percetakan logistik ini. Tidak ada pemberitahuan juga ke kami. Sekertaris KPU Paniai secara sepihak bertindak untuk cetak sebagian besar logistik," ungkap Zebulon Gobai ketika dikonfirmasi Jubi, Rabu (13/6/2018). 

Menurut Gobai, saat ini komisioner KPU tengah mengumpulkan informasi terkait adanya kasus ini. Pihaknya juga telah berupaya menghubungi Sekretaris KPU untuk dimintai keterangan atas adanya pencetakan logistik tanpa dasar tersebut. Menurutnya, hal tersebut juga sudah dilaporkan kepada pihak Kepolisian.

"Entah atas persetujuan dan perintah siapa,  kami sedang telusuri. Barang buktinya ada di gudang KPU. Itu melanggar aturan. Sekretaris cetak spanduk, baliho, umbul-umbul dan brosur untuk dua paslon. Tidak ada dasar hukum,” ujarnya.

Ketua KPU Paniai, Yulius Gobai mengaku hingga saat ini belum menandatangani dokumen apapun terkait pencetakan logistik Pemilu. Jika pencetakan logistik dilakukan karena ada dokumen dengan tanda tangan dirinya, Ketua KPU bisa memastikan hal tersebut adalah pemalsuan dokumen.

Loading...
;

“Kalau pihak ketiga atau rekanan percetakan melihat ada tanda tangan dari Ketua atau Anggota KPU, itu pemalsuan dan bisa diproses. Hukuman berlapis,” ungkap Yulius.

Sementara itu, Jubi berupaya menghubungi Sekretrais KPU Paniai, YP melalui dua nomor teleponnya. Namun keduanya dalam kondisi tidak aktif. Begitu pula sms yang dilayangkan jurnalis Jubi, tak ada yang mendapat respons dari Sekretaris KPU tersebut. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top