Follow our news chanel

Sektor pertanian daerah ini mulai kekeringan

Ilustrasi kekeringan, pixabay.com
Sektor pertanian daerah ini mulai kekeringan 1 i Papua
Ilustrasi kekeringan, pixabay.com

Tercatat sejumlah tanaman padi dan tambak ikan terancam gagal panen.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Rejang Lebong, Jubi – Sejumlah sawah petani di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mulai kekeringan menyusul musim kemarau yang melanda sejak beberapa bulan belakangan. Tercatat sejumlah tanaman padi dan tambak ikan terancam gagal panen.

“Tanaman padi petani rata-rata berumur dua bulan, saat sedang membutuhkan air yang banyak sampai masa bunting padi, tapi sekarang kami kesulitan mendapatkan air untuk dialirkan ke sawah dan harus bergantian dengan petani lainnya,” kata Meliawati, petani di Dusun III, Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan, Kamis, (5/9/2019).

Baca juga : NTT alami kekeringan ekstrem

Puluhan hektare sawah di Kabupaten Agam terancam kekeringan 

Kabupaten di provinsi Yogyakarta ini rawan kekeringan

Loading...
;

Musim kemarau kali ini telah mengancam kelangsungan tanaman padi miliknya dan petani lain. Apa lagi  ketersediaan air di saluran irigasi tradisional di lokasi area pertanian sudah mulai mengering,  kalaupun ada air mereka harus menebat tau membendung aliran yang menuju ke sawah orang lainnya.

“Kami di sini bergantian mendapatkan air, ini baru kebagian setelah seminggu sawahnya tidak ada air. Giliran ke sawah kami siang ini, kalau sore nanti sudah untuk sawah orang lain lagi,” kata Meliawati menambahkan.

Sistem penggiliran untuk mendapat air irigasi harus menahan sabar karena jika tidak antar petani bisa saling menimbulkan pertengkaran bahkan memakan korban jiwa.

Tak hanya lahan pertanian, tercatat lahan kolam ikan di wilayah Dusun II, Desa Lubuk Ubar, Kecamatan Curup Selatan mulai terdampak.

“Kalau ikan di kolamnya sudah banyak yang mabuk dan mati sehingga isinya sudah kami jual semuanya, karena kolamnya harus dapat terus menerus,” kata Anjar, pembudidaya ikan Dusun II, Desa Lubuk Ubar.

Kondisi yang dialami karena saluran irigasi di kawasan sudah mengering. Selain itu  tanaman padi miliknya sudah berumur empat bulan dan memasuki bunting dan berbuah juga kekurangan air. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top