HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Selamatkan Lingkungan Dengan Gerakan Bersih Pantai dan Laut

Selamatkan Lingkungan Dengan Gerakan Bersih Pantai dan Laut 1 i Papua
Yulius Papilaya (Jubi/Robeth Wanggai)

Jayapura, (2/11) – Sebagai bagian dalam membangun kecintaan daerah laut dan pesisir, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Jumat, (2/11) menggelar gerakan bersih pantai yang melibatkan masyarakat dan berbagai perguruan tinggi di Kota Jayapura-Papua.

 

Gerakan yang dicetuskan oleh Departemen Kelautan dan Perikanan RI itu, adalah sebagai kepedulian terhadap daerah laut dan pesisir, selain bisa melestarikan pantai dan laut maupun untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir agar mempunyai kesadaran untuk selalu memperhatikan kehidupan laut dan pantai.
“Dengan demikian kita bisa minimal menghindari dari pada masalah bencana alam seperti abrasi, pencemaran lingkungan terutama,” ujar Kepala Bidang Kelautan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua, Yulius Papilaya, Jumat, di Pantai Hamadi Kota Jayapura-Papua.
Papilaya memisalkan masyarakat yang ada di sekitar pesisir dan pantai jika punya kesadaran makin meningkat, otomatis wilayah pesisir akan selalu terlihat asri dan lestari.
“Sebenarnya yang bisa kita lakukan setiap tahun dan merupakan ajakan kepada semua stake holder yang berkepentingan daerah laut dan pesisir agar semua orang mempunyai rasa tanggungjawab yang sama untuk bagaimana kita menjaga lingkungan laut ini agar tetap bersih dan lestari,” bilang Papilaya.
Dengan demikian, kata Papilaya  gerakan tersebut bukan hanya tanggungjawab dari Departemen Kelautan dan Perikanan saja, akan  tetapi semua orang yang berkepentingan di daerah pesisir ini.
“Disamping itu gerakan ini juga dia merupakan suatu gerakan yang sebenarnya terkait atau sangat sinergi dengan pemerintah kota Jayapura yang selama ini menganjurkan agar kebersihan lingkungan menjadi prioritas yang harus diperhatikan agar kota ini tetap bersih dan asri,” ujarnya.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebersihan dan Pemakaman (DKP) Kota Jayapura, Beny Fingkreuw menyambut positif apa yang dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua. Menurutnya sangat bagus untuk menggandeng masyarakat dalam  berpartisipasi aktif menjaga lingkungan pesisir yang ramah lingkungan.
“Ini sebagai embrio atau memberikan contoh kepada masyarakat di pesisir, terutama yang ada pesisir kota Jayapura supaya jangan hanya terputus di kegiatan seremonial saja, tapi berkelanjutan. Tiap hari harus jadikan budaya bersih pantai,” ungkapnya kepada jubi.co.id. (Jubi/Roberth Wanggai)

Selamatkan Lingkungan Dengan Gerakan Bersih Pantai dan Laut 2 i Papua

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa