HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Selamatkan lingkungan, Walhi Papua bekerjasama dengan Uncen

Walhi Papua dan Uncen usai menandatangani Mou dilanjutkan dengan foto bersama di gedung Rektorat Uncen, Waena - Jubi/Agus Pabika
Selamatkan lingkungan, Walhi Papua bekerjasama dengan Uncen 1 i Papua
Walhi Papua dan Uncen usai menandatangani Mou dilanjutkan dengan foto bersama di gedung Rektorat Uncen, Waena – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Papua, dan Universitas Cendrawasih (Uncen), melakukan penandatangan MoU (perjanjian kerjasama) untuk membentuk kelompok pecinta lingkungan hidup di tingkat mahasiswa, sebagai bagian dari membangun gerakan penyelamatan ekosistem di tanah Papua.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan antara Direktur Eksekutif Daerah  Walhi Papua, Maurits J. Rumbekwan dan Rektor Universitas Cendrawasih (Uncen) Dr. Ir. Apolo Safanpo, bertempat di gedung Rektorat Uncen.

Selamatkan lingkungan, Walhi Papua bekerjasama dengan Uncen 2 i Papua

Direktur Eksekutif Daerah  Walhi Papua, Maurits J. Rumbekwan, mengatakan secara kelembagaan Walhi Papua melihat, pembenahan isu lingkungan tidak bisa dikerjakan sendiri, sehingga mereka menilai, Kampus Uncen sebagai mitra yang strategis untuk memulai kerja sama , yang dikhususkan untuk mengedukasi mahasiswa dalam memerangi isu global saat ini.

“Kerja sama ini sifatnya mengedukasi kepada mahasiswa mengatasi situasi krisis di indonesia khususnya di Papua, dan dengan harapan kerja sama ini bisa dilakukan dengan kampus lainnya juga,” katanya.

Menurutnta, Walhi Papua memang mencari mitra untuk membicarakan isu global, terutama kerusakan alam dan lingkungan.

“Di Papua kita belum terlalu banyak berdiskusi soal ekosistem. Begitu banyak krisis yang terjadi di Papua, katakanlah seperti bencana ekologis, divestasi yang mengancam masyarakat adat dari ruang hidupnya,” katanya.

Sementara itu Rektor Universitas Cendrawasih (Uncen) Dr. Ir. Apolo Safanpo, mengatakan dengan berjalannya waktu, sumber daya alam akan terus menurun baik dari sisi jumlah maupun kualitasnya, maka di saat yang bersamaan, sivitas akademika Uncen, harus meningkatkan kompetensi.

“Kerja sama Walhi dengan Uncen diharapkan bisa merumuskan masalah bersama, mengunakan sumber daya bersama untuk menyelesaikan persoalan masyarakat,” kata Safanpo.

Kata dia, kajian tentang lingkungan sangat penting untuk melindungi hutan (alam) Papua. Terutama dalam pembangunan infrastruktur di tanah Papua.

“Uncen juga menyampaikan terimakasih karena berkenan melakukan MoU dengan Walhi Papua, mencoba mengidentifikasi masalah-masalah lingkungan yang terjadi di Papua, lalu dirumuskan bersama dalam diskusi atau FGD untuk mencari solusi bersama,” harapnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top