Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Seleksi calon anggota DPR Papua jalur 14 kursi pengangkatan masuki tahap wawancara

Foto ilustrasi, 14 kursi pengangkatan DPR Papua. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tahapan seleksi untuk memilih 14 anggota Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR Papua periode 2019 – 2024 melalui jalur 14 kursi pengangkatan memasuki tahap wawancara dan uji kompetensi. Tahapan wawancara dan uji kompentensi itu akan diikuti 454 orang pendaftar yang lulus administrasi.

Asisten Bidang Pemerintahan Papua, Doren Wakerkwa mengatakan pengumuman tahapan seleksi administrasi sudah dilakukan lewat media cetak. Dari 721 orang asli Papua yang mendaftarkan diri, tersisa 454 orang yang sudah dinyatakan lulus administrasi.

Wakerkwa menyatakan 454 pendaftar yang namanya diumumkan lulus administrasi akan segera menjalani tes wawancara dan uji kompetensi. “Yang namanya tidak ada [di dalam pengumuman] berarti gugur administrasi sesuai Perdasus nomor 9 tahun 2019 tentang Proses Tata Cara Seleksi Pengangkatan Kursi Otonomi Khusus,” kata Wakerkwa di Jayapura, Rabu (19/2/2020).

Ia menyatakan tahapan wawancara dan uji kompetensi akan ditangani penguji dari Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi Papua. Oleh sebab itu, peserta yang telah dinyatakan lulus administrasi wajib menyiapkan makalah.

Wakerkwa menyatakan makalah itu akan memiliki bobot penilaian yang besar, dan sangat menentukan siapa pendaftar yang mendapat nilai tertinggi dalam seleksi itu. “Jadi yang terbaiklah yang akan terpilih dan duduk di kursi jalur Otsus,” ujarnya.

Terkait banyaknya kritik masyarakat yang menyoroti sejumlah kader partai yang mendaftarkan diri dalam seleksi jalur 14 kursi pengangkatan, Wakerkwa menyatakan hal itu tidak menjadi masalah, selama pendaftar terbukti orang asli Papua. “Semua orang Papua memiliki hak yang sama untuk mendaftarkan diri. Jadi meskipun dulunya mantan anggota DPR, pensiuanan Polri, pensiunan TNI atau mantan ASN semua berhak, asalkan benar-benar orang asli Papua,” katanya dengan tegas.

Loading...
;

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua, Musa Isir mengimbau seluruh calon anggota 14 kursi pengangkatan yang lulus administrasi mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, agar bisa mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. “Siapa yang terbaik dan memiliki nilai tertinggi itulah yang akan terpilih,” katanya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top