HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Sembilan terdakwa rusuh Wamena didakwa berbeda

Sidang salah satu terdakwa kasus kerusuhan Wamena, di Pengadilan Negeri Wamena, Senin (17/2/2020). -Jubi/Islami
Sidang salah satu terdakwa kasus kerusuhan Wamena, di Pengadilan Negeri Wamena, Senin (17/2/2020). -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Para terdakwa kasus kerusuhan Wamena 23 September 2020, sejauh ini telah menjalani persidangan dalam rentang waktu sebulan. Dalam persidangan, para terdakwa ini didakwa berbeda-beda.

Pada Senin (17/2/2020), sidang bagi sembilan terdakwa kembali digelar di Pengadilan Negeri Wamena, yang dipimpin langsung Hakim Ketua Yajid S.H. M.H. bersama dua hakim lainnya.

Yajid S.H. M.H. yang juga sebagai Ketua Pengadilan Negeri Wamena, mengatakan karena pelimpahan perkara ini tidak serentak, maka pengadilan mengambil langkah cepat agar para terdakwa tidak lepas dari jeratan hukum.

“Sidang hari ini ada yang tahap eksepsi, ada yang sudah pemeriksaan saksi, putusan sela, dan ada yang menuggu tuntutan yang diajukan dari Jaksa Penuntut Umum,” katanya.

Kuasa hukum ke sembilan terdakwa Mersi Vera Waromi S.H, mengaku awalnya persidangan para terdakwa kerusuhan Wamena ini sempat ditolak kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan, jika dilakukan di Wamena dengan alasan keamanan.

“Namun karena fatwa MA terlambat turun, sehingga persidangan dilakukan di Wamena,” kata Mersi Waromi.

Loading...
;

Menurut dia, sejak sidang pertama digelar pada 22 Januari 2020, ia bersama rekannya yang tergabung dalam Koalisi Pengacara HAM untuk Papua, telah mendampingi persidangan bagi sembilan terdakwa.

“Jadi ada yang sudah tiga kali sidang, empat kali sidang, sehingga agendanya berbeda-beda. Dan dalam seminggu akan dilakukan dua kali sidang, untuk mempercepat proses persidangan,” kata Waromi. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa