Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Sembuh dari Covid-19, warga Mamteng diminta tak lagi ungkit masalah

Piter Togodly bersama tim dan dokter yang bertugas di Ilugwa melakukan sosialisasi pencegahan Corona kepada masyarakat serta membagikan sabun dan masker - Jubi/Dok
Sembuh dari Covid-19, warga Mamteng diminta tak lagi ungkit masalah 1 i Papua
Piter Togodly bersama tim dan dokter yang bertugas di Ilugwa melakukan sosialisasi pencegahan Corona kepada masyarakat serta membagikan sabun dan masker – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamberamo Tengah, Piter Togodly, mengajak semua warga di kabupaten tersebut menyambut satu warganya yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 usai menjalani pengobatan di RSUD Wamena.

“Kepada kita semua diharapkan untuk tidak menanggapi atau mengungkit persoalan ini tapi kami mohon untuk dukungan doa agar tidak lagi terjadi hal serupa,” kata anggota parlemen dari Partai Nasdem kepada jurnalis Jubi melalui sambungan telpon, Rabu (29/4/2020).

Sembuh dari Covid-19, warga Mamteng diminta tak lagi ungkit masalah 2 i Papua

Piter Togodly merasa penting mengajak warganya berpikir positif lantaran sudah terjadi diskusi yang tidak penting di kalangan warga sejak ada satu warga Mamberamo Tengah diumumkan positif Covid-19. Warga saling menyalahkan hingga mengaitkan wabah dengan masalah politik hingga keyakinan yang tidak ada hubungannya dengan wabah yang melanda seluruh dunia ini.

Karena itu, dia menganggap sangat penting, siapapun tidak mengungkit masalah ini, dengan siapa, mengapa, tetapi perlu berfikir ke depan, bagaimana warga yang lain bebas dari wabah ini. Warga yang pernah kontak dengan pasien dan yang pernah ke wilayah terpapar virus harus  mengikuti anjuran pemerintah.

Semua pihak, lanjutnya, harus menyerahkan semua kepada Tuhan yang mempunyai kehidupan ini. Dengan harapan, masalah dan harapan dapat diwujudkan dalam kerja sama komunitas masyarakat, bukan individu atau kelompok dengan pembedaan.

Pada kesempat ini, Togodly juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pastor, pendeta gereja, pengurus stasi, dan terutama pimpinan gereja tiga dedominasi di Distrik Ilugwa.

Loading...
;

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah, para tenaga medis di Puskesmas Ilugwa, Rumah Sakit Lukas Enembe di Kobakma, dan Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid-19 di Wamena.

“Juga keluarga besar Distrik Ilugwa yang sudah mendukung dalam proses mulai dari awal sakit sampai sembuh,” ungkapnya.

Kata dia, usai ada satu warga Mamteng positif Covid-19 dinyatakan, pihaknya bersama Bupati dan Wakil Bupati Mamteng, pihak rumah sakit, anggota DPRD dari Distrik Ilugwa, Kepala Distrik Ilugwa, bersama keluarga akan ke Wamena menjemput pasien pada 29 April ini.

“Setelah jemput pasien di antar ke kampung halaman dan akan tinggal menyendiri selama 14 hari tanpa keluarga menjengguk menunggu pemulihan,” ungkapnya.

Diskriminasi hingga penolakan terhadap pasien hingga keluarga terjadi di mana-mana. Kepala Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dr Aaron Rumainum, mengatakan pasien Covid-19 tidak harus didiskriminasi, ditolak. Karena ini bukan masalah aib, moral melainkan ini wabah yang harus diatasi dengan pergumulan positif.

“Ini bukan masalah aib,” ungkapnya kepada media di Jayapura beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat tidak perlu kucilkan dan mem-bully keluarga pasien.

“Saya perlu tekankan bahwa dalam kasus Corona, penguatan itu penting, psikoterapi itu penting. Karena itu demi menjaga daya tahan tubuh pasien. Kita juga jangan menghakimi orang yang positif Covid-19 dan keluarganya. Karantina rumah tetap dipatuhi tapi jangan kucilkan atau bully mereka,” pinta Aaron sebagaimana yang dilansir papuabangkit.com.  (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top