HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Semua pemerintah kabupaten/kota diharapkan bangun tempat penyimpanan ikan

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua Fransiakus Xaverius Mote. – Jubi/Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua Fransiakus Xaverius Mote mengharapkan 29 pemerintah kabupaten/kota di Papua membangun tempat penyimpanan ikan. Tempat penyimpanan ikan itu dinilai bisa menjadi sarana pemerataan konsumsi ikan di seluruh wilayah Papua.

Mote berharap 14 kabupaten/kota di wilayah pegunungan tengah Papua juga membangun tempat penyimpanan ikan tersebut. “Kita sudah sampaikan kepada seluruh kabupaten di wilayah pegunungan untuk melakukan memorandum of understanding (MOU), terkait tempat penyimpanan ikan,” katanya kepada wartawan di Jayapura, Rabu, (10/5/2019).

Mote mengatakan tempat penampungan ikan itu bisa menampung ikan dari Jayapura, Biak, dan Merauke. “Seperti Kabupaten Jayawijaya, merupakan tempat yang strategis untuk membangun tempat penampungan ikan yang selanjutnya bisa didistribusikan ke kabupaten lain,” katanya.

Mote mengatakan selama ini penyimpanan ikan di wilayah pegunungan tengah Papua bergantung kepada lemari pendingin para pengusaha warung makan di sana. “Harus ada tempat berkapasitas 10 ton, dengan dukungan listrik 24 jam. Ketersediaan listrik ini yang memang sulit dipenuhi di wilayah pegunungan tengah Papua, karena listrik di sana sering mati,” katanya.

Salah seorang warga kota Jayapura Yunus Mabel mengatakan, pentingnya mengonsumsi ikan yang segar. Untuk perkembangan otak anak-anak dan peningkatan Gizi. “Maka langkah selanjutnya adalah pemerintah wajib hukumnya menyediakan tempat agar kami bisa beli dengan harga yang relatif murah,” katanya.

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;
Baca juga  Ikan di perairan Jayapura masih aman dikonsumsi

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa