Follow our news chanel

Semua pihak harus mencegah penyebaran virus Corona di Papua 

Ilustrasi, virus Corona - Jubi/Tirto.ID
Semua pihak harus mencegah penyebaran virus Corona di Papua  1 i Papua
Ilustrasi, virus Corona – Jubi/Tirto.ID

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dr Aron Rumainum mengatakan semua pihak harus mencegah penyebaran virus Corona di Papua. Dinas Kesehatan akan memasang alat pemindai suhu tubuh di bandara, pelabuhan, maupun pos perbatasan negara di Papua.

Rumainum menyatakan pencegahan penyebaran virus Corona di Papua merupakan tanggungjawab semua pihak, termasuk pemerintah Provinsi Papua maupun pemerintah kabupaten/kota di Papua. “Hal yang paling cepat [yang akan kami lakukan adalah] menyediakan pemindai suhu tubuh atau termometer scanner yang harus dipasang di daerah perbatasan negara, bandara, dan sekitarnya,” kata Rumainum di Jayapura, Senin (2/3/2020).

Rumainum mengatakan dengan pemindai suhu tubuh petugas bisa mendeteksi orang di bandara atau pelabuhan yang sedang mengalami demam dan memiliki suhu tubuh di atas normal. Orang tersebut selanjutnya harus menjalani pemeriksaan khusus dan dikarantina, sampai dia dinyatakan bebas virus Corona.

“[Jika memakai termometer [konvensional], berarti setiap orang harus diperiksa. Itu akan sangat melelahkan, jika harus memeriksa suhu tubuh setiap penumpang,” kata Rumainum.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Papua berencana memasang pemindau suhu tubuh di bandara dan pelabuhan yang ada di Papua, khususnya di Bandara Sentani, Biak Timika, Nabire, Merauke. “Kami membutuhkan dukungan Angkasa Pura untuk [menyediakan] ruang isolasi,” katanya.

Rumainum mengatakan pihaknya menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah Dok II sebagai tempat pemeriksaan lebih lanjut terhadap terduga terinfeksi virus Corona. “Saya harap agar kita semua harus waspada terhadap penyait ini. Ketika kita pilek atau batuk, harus pakai masker,” katanya.

Loading...
;

Rumainum juga mengimbau masyarakat menghindari kontak dengan hewan liar. “Virus dari hewan bisa menyebara ke manusia. Misalnya kelelawar yang menyebarkan virus Corona ini. Kita harus membiasakan diri untuk masak daging hewan liar sampai benar benar matang. “Kita juga harus selalu mencuci tangan. Sebelum mencuci tangan, jangan  menggunakan tangan untuk mengusap wajah. Istirahat yang cukupm makan makanan bergizi, tambahkan vitamin suplemen, olahraga yang cukup,” katanya.

Tokoh muda Papua, Samuel Tabuni mengatakan, pencegahan penyebaran virus Corona telah dilakukan di berbagai negara tetangga, termasuk di Papua Nugini yang telah menutup akses pelintas batas dari Papua. “Papua Nugini sudah mengisolasi diri, dengan menutup semua pintu masuk ke negara itu. Perbatasan Skow sudah tutup,” kata Tabuni.

Tabuni meminta masyarakat waspada dan menjaga kesehatannya, karena virus Corona sangat berbahaya. “Virus ini telah mematikan ribuan orang,” kata Tabuni.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top