Follow our news chanel

Sengketa laut China Selatan, Jepang minta solusi damai

papua
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Jepang meminta solusi damai terkait sengketa di laut China Selatan. Negara Sakura itu  berharap seluruh pihak yang terlibat dalam sengketa di perairan Laut China Selatan menahan diri dan menyelesaikan masalah itu melalui jalur hukum.

Laut China Selatan adalah salah satu jalur utama lalu lintas pelayaran yang menghubungkan Negeri Sakura dan Asia Tenggara. “Namun demikian, di Laut China Selatan terjadi keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan tersebut. “Kami meminta hentikan semua tindakan dan gerakan yang merusak ketenangan Laut China Selatan,” kata Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, dalam jumpa pers di sela-sela lawatan kenegaraan di Jakarta, Rabu (22/10/2020).

Suga mengatakan ingin menitikberatkan betapa pentingnya semua pihak yang terkait dengan persoalan Laut China Selatan berusaha menenangkan diri untuk menyelesaikan konflik secara damai melalui hukum internasional.

“Bukan melalui kekuatan dan intimidasi,” kata Suga menambahkan.

Ia memastikan pemerintah Jepang mengutamakan perdamaian dan kemakmuran kawasan, serta kebebasan dan penegakan supremasi hukum di Laut China Selatan.

Baca juga : China minta Jepang jaga rantai pasokan barang

Loading...
;

AS dituding kirim puluhan pesawat intai untuk mata-matai China

Pengamat sebut militer China di LCS siap hadapi provokasi AS

Tercatat laut China Selatan menjadi perairan rawan konflik terutama setelah China mengklaim sepihak sebagian besar wilayah perairan itu. Klaim historis China itu beririsan dengan wilayah kedaulatan sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, bahkan hingga Taiwan. Sedangkan Jepang menggunakan jalur pelayaran di Laut China Selatan untuk berniaga dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara hingga Pasifik. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top