Sengketa Pilkada Boven Digoel, Ini sejumlah pertimbangan KPU

Papua-pilkada-2020
Pilkada Serentak 2020 - Jubi/Dok

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi Komisi Pemilihan Umum RI mempertimbangkan penundaan Pilkada 2020 di Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua, jika sengketa Pilkada di wilayah itu belum selesai sampai hari pemungutan suara. Tercatat permasalahan di Pilkada 2020 Boven Digoel berkaitan dengan proses pencalonan kepala daerah.

“Hari ini proses sedang disengketakan di Bawaslu Boven Digoel, mudah-mudahan sengketa bisa selesai cepat. Tetapi kalau memang sengketa diperkirakan tidak bisa selesai sampai 9 Desember, maka tidak punya pilihan lain, KPU mungkin mempertimbangkan akan melakukan penundaan khusus di Kabupaten Boven Digoel,” ujar Ketua KPU pusat, Arief Budiman, Kamis, (3/12/2020) kemarin.

Baca juga : Inilah 35 paslon dalam Pilkada 11 kabupaten di Provinsi Papua

Mahasiswa Anim Ha tolak calon Non-Papua di pilkada

Pemprov Papua cek kesiapan 11 kabupaten selenggarakan Pilkada 2020

Arief Budiman memastikan penyelenggaraannya Pilkada 2020 di Kabupaten Boven Digoel sampai saat ini masih terus berlangsung. Ia menyebut logistik pemilihan sudah selesai diproduksi dan dikirimkan ke Kabupaten Boven Digoel, meski logistik yang memuat nama pasangan calon memang belum dikirimkan.

Loading...
;

“Logistik yang memuat nama pasangan calon itu memang sedang di-pending. Jadi bukan tidak siap penyelenggaraan di sana ya,”  kata Arief menambahkan.

Jika memang sengketa bisa selesai dengan cepat sebelum hari pemilihan, KPU juga bisa segera menyiapkan logistik yang dibutuhkan seperti surat suara. Menurut dia, proses produksi surat suara cukup cepat.

“Tapi memang kami minta lakukan penundaan (proses produksi) karena sedang ada sengketa. Nah, mudah-mudahan bisa selesai dengan cepat,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top