Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Sensus menyasar ke distrik padat penduduk

Papua
Petugas Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Jayapura - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, JubiBadan Pusat Statistik memastikan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 tetap berjalan hingga tuntas di Kabupaten Jayapura. Sejumlah kendala dianggap dapat diatasi dengaan melibatkan polisi dan pemerintah lokal setempat.

“Ada petugas diusir bahkan nyaris dilempari batu (oleh warga). Kami telah berkoordinasi dengan pihak keamanan (polisi) dan kepala distrik untuk memberi penjelasan kepada warga yang menolak (pendataan oleh) petugas sensus,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura Jeffry de Fretes melalui telepon, Selasa (15/9/2020).

Sensus Penduduk berlangsung selama sebulan, sejak 1 September. Memasuki pekan ketiga sensus, BPS telah mendata sebagian besar penduduk di Wilayah Pembangunan III dan IV di Kabupaten Jayapura.

Sensus menyasar ke distrik padat penduduk 1 i Papua

“Pendataan saat ini terkonsentrasi pada wilayah padat penduduk, seperti di Distrik Sentani, Sentani Barat, Sentani Timur, dan Waibu. Pendataan dilanjutkan meskipun sempat ditolak (warga),” kata Jeffry.

Dia kembali menegaskan sensus penduduk sangat penting karena menentukan arah kebijakan pembangunan di daerah. Karena itu, warga diminta segera melapor kepada kepala kampung atau lurah setempat apabila belum didatangi petugas sensus.

“Waktunya (pelaksanaan sensus) tinggal dua pekan. Ini membutuhkan kerja sama semua pihak dalam pendataan,” ujar Jeffry.

Nefinov, petugas sensus mengaku mereka kerap melepas atribut, termasuk rompi saat bertugas. Tindakan itu mengantipasi penolakan dari warga.

Loading...
;

“Itu hanya mengantisipasi karena tidak semua warga menolak (disensus). Banyak juga yang menerima kedatangan dan penjelasan kami serta bersedia mengisi formulir (sensus penduduk),” katanya.

Nefinov menilai sosialisasi sensus sudah terbilang gencar di Kabupaten Jayapura. Pemberitahuan itu tersebar luas melalui spanduk, baleho, stiker, dan media massa. Sosialisasi juga dilakukan melalui koordinasi dengan pemerintah distrik dan kampung setempat.  (*)

 

Editor: Aries Munandar

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top