Follow our news chanel

Seorang ibu hamil di Jayawijaya ditetapkan PDP Covid-19

Seorang ibu hamil di Jayawijaya ditetapkan PDP Covid-19 1 i Papua
Satgas Covid-19 Jayawijaya saat memberikan keterangan pers di Aula RSUD Wamena, Selasa (24/3/2020). -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Satgas Covid-19 Kabupaten Jayawijaya mengumumkan, pada Senin (23/3/2020) pukul 21.30 WP, satu orang dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona atau Covid-19.

Pelaksana tugas Sekda Jayawijaya, Tinggal Wusono, dalam jumpa pers di Aula RSUD Wamena, Selasa (24/3/2020), mengatakan satu PDP merupakan ibu hamil berusia 25 tahun dan keluhan penyakitnya mendekati gejala Covid-19.

“Kini pasien tersebut dalam ruang isolasi di RSUD Wamena dengan kondisi hamil 24 sampai 26 minggu. Yang bersangkutan juga memiliki riwayat perjalanan dari daerah yang terpapar Covid-19,” katanya.

Selain itu, kata dia, meski ditetapkan PDP pihak rumah sakit akan menguji sampel. “Sementara ini belum bisa dilakukan karena yang mengambil sampel harus dokter spesialis Tenggorokan, Hidung dan Telinga (THT). RS Wamena belum memiliki dokter THT, pemerintah daerah sedang mengupayakan untuk mendatangkan dokter spesialis tersebut.”

Menurutnya, hal ini telah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua. “Untuk mengirimkan alat transfer sampel yang kebetulan di RSUD tidak ada,” katanya.

Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit, katanya, akan menelusuri riwayat kontak pasien tersebut termasuk keluarganya dan petugas puskesmas yang awal memeriksa.

Loading...
;

“Kita harapkan meskipun pasien itu ada riwayat perjalanan di daerah terpapar Covid-19, sampel yang akan kita ambil dan uji di laboratorium mudah-mudahan negatif,” katanya.

Sementara itu, drg. Gabriel Yusrianti Handayani, yang juga masuk dalam Satgas Covid-19 Jayawijaya, mengatakan pasien yang dinyatakan PDP ini akan ditangani lebih ekstra karena ibu hamil.

“Yang bersangkutan harus dirawat selama empat belas hari, sambil menunggu hasil labnya. Kondisi terakhir pasien dalam proses persalinan difasilitasi oleh bidan dan dokter spesialis anak,” katanya. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top