Follow our news chanel

Previous
Next

Sepanjang 2019 Polda Sumbar menindak 21 penambangan ilegal

11ilustrasi-tambang-tempo
Sepanjang 2019 Polda Sumbar menindak 21 penambangan ilegal 1 i Papua
1ilustrasi-tambang-tempo

Kasus pertambangan tambang ilegal berdampak pada bencana alam di daerah setempat.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Padang, Jubi – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menindak 21 unit tambang ilegal yang beroperasi di daerah setempat sepanjang 2019. Jumlah penmabangan tersebut mengalami peningkatan dibanding 2018 yang hanya 16 kasus.

“Daerah yang paling banyak memiliki tambang ilegal Kabupaten Solok Selatan,” kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto di Padang, Rabu, (1/1/2020).

Toni menyebutkan persoalan tambang itu harus diselesaikan secara bersama dengan pemerintah daerah karena menyangkut hajat hidup masyarakat.

“Kami sudah arahkan kepada seluruh Kapolres untuk fokus agar tidak ada lagi tambang ilegal di daerah mereka. Jika ada yang terlibat akan ditindak tegas,” kata Toni menegaskan.

Menurut dia, di beberapa daerah memang terlihat ada alat berat yang berada di tengah hutan berdasarkan pemantauan dari udara. Alat-alat itu dipastikan tidak akan beroperasi karena akan dihambat jalur dan lakukan tindakan.

Loading...
;

Toni menyebut kasus pertambangan tambang ilegal berdampak pada bencana alam di daerah setempat. Hal itu dibuktikan dengan bencana alam sepanjang 2019 di wilayah Sumbar sebanyak 126 kejadian.

Sedangkan upaya pencegahan dilakukan dengan rapat bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno serta Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo membahas tambang ilegal. Pertemuan menghasilkan  komitmen dan persepsi sama dalam menangani penambangan ilegal.

“Kami tidak hanya fokus dalam penegakan hukum karena juga bicara tentang kebutuhan hidup masyarakat,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top