Sepeda curian di Jabodetabek dijual ke luar daerah

Papua sepeda
Ilustrasi, layanan pengiriman moda sepeda, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Komplotan pencuri sepeda yang biasa beraksi di Jabodetabek, sering menjual hasil curiannya ke luar daerah. Salah satu kota di Jawa Tengah disebutnya menjadi langganan penadah sepeda curian.

“Sepeda dijual ke luar Jakarta, salah satunya di Kebumen, Jawa Tengah,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Yusri Yunus, Selasa, (17/11/2020).

Baca juga : Ngawur, kelompok pesepeda di Jakarta ini masuk jalan tol 

Hati-hati pesepeda berpakaian ketat di daerah ini dipantau 

Pesepeda berpotensi sebarkan Covid-19, ini penjelasan dinas kesehatan

Di kota itu, para penadah bersedia membayar mahal sepeda curian. Untuk sepeda dengan kondisi yang tidak terlalu bagus, harganya berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Sedangkan yang masih mulus dan bermerek dibeli Rp1,5 juta hingga Rp2 juta.

Loading...
;

“Harga itu lebih mahal dibanding harga motor curian. Tingginya harga jual dan kemudahan menjual, membuat sindikat pencuri sepeda marak. Sedangkan transaksi sepeda curian lebih mudah karena tak perlu STNK,” kata Yusri menambahkan.

Menurut Yusri, Kepolisian Daerah Metro Jaya menangkap tujuh tersangka pencuri 34 sepeda di kawasan Jabodetabek. Tiga orang di antaranya merupakan penadah yang berkedok pemilik bengkel sepeda. Mereka adalah AS, M, dan E.

Sedankan tersangka pencuri, ETB, RH, YI, dan T mencuri sepeda di halaman rumah. Para pencuri leluasa mencuri sepeda. “Tinggal angkat sepeda yang akan dicuri dari pagar, berbeda dengan sepeda motor,” kata Yusri.

Proses penjualan pun cepat karena masyarakat saat ini sedang menggandrungi olah raga gowes.

Dari hasil pemeriksaan polisi menunjukkan para tersangka mengaku telah menjual banyak sepeda hasil curian. Sedangkan 34 unit sepeda yang disita polisi itu hanya sisanya yang belum  dijual. (*)

Editor : Edi Faisol

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top