TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Sepekan hilang kontak, helikopter TNI AD belum ditemukan

Tim gabungan melakukan pencarian helikopter MI-17 lewat jalur darat dengan menyisir sejumlah lokasi di Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Jayapura, Papua. – Dok. Pendam XVII Cenderwasih
Sepekan hilang kontak, helikopter TNI AD belum ditemukan 1 i Papua
Tim gabungan melakukan pencarian helikopter MI-17 lewat jalur darat dengan menyisir sejumlah lokasi di Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Jayapura, Papua. – Dok. Pendam XVII Cenderwasih

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Hingga Kamis (4/7/2019), tim gabungan belum berhasil menemukan helikopter MI-17 HA yang hilang kontak sejak pekan lalu. Helikopter milik TNI Angkatan Darat itu hilang kontak setelah lepas landas meninggalkan Bandara Oksibil di Kabupaten Pegunungan Bintang pada Jumat (28/6/2019) siang.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi mengatakan, tim gabungan TNI, Polri, Basarnas, dan masyarakat telah melakukan pencarian helikopter itu di sejumlah lokasi yang berada di Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Jayapura. Akan tetapi, hingga belum ditemukan tanda-tanda keberadaan helikopter bernomor registrasi 5138 itu.

“Proses pencarian terus dilakukan hingga Kamis. Pencarian dari udara dilakukan sejak pukul 09.15 WP menggunakan helikopter Bell 412 milik TNI AD,” kata Aidi dalam rilis persnya, Kamis (4/7/2019).

Helikopter Bell 412 itu melakukan pencarian dengan terbang dari Bandara Oksibil ke arah Distrik Okbape. Helikopter itu juga memantau dua danau yang berada di puncak gunung.

Penerbangan dilanjutkan dengan pencarian pada area yang berada dalam radius 23 mil laut arah barat luat Oksibil, ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang, dengan ketinggian 12 ribu kaki. Pada pukul 10.05 WP, pencarian udara itu sepat terkendala kabut tebal yang mendadak muncul dan menutupi lembah maupun lereng pegunungan Oksibil.

Pencarian udara akhirnya dilanjutkan kembali hingga pukul 14.34 WP, saat cuaca buruk membuat pencarian udara harus dihentikan. “[Pada pukul 14.34 WP], pencarian melalui udara tidak dapat dilanjutkan dan dinyatakan dihentikan sementara. Pencarian udara akan dilanjutkan pada Jumat,” ujar Aidi.

Pada pukul 10.45 WP, tim pencarian darat melanjukan pencarian dengan menyisir Distrik Oksob, Pegunungan Bintang. Pencarian darat itu berlangsung hingga pukul 16.00 WP.

Komandan Pangkalan Udara Silas Papare Sentani, Kabupaten Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso mengatakan pencarian akan diperpanjang hingga tiga hari mendatang. “Jika dalam tiga hari mendatang helikopter itu belum juga ditemukan, akan dilakukan evaluasi. [Hingga kini] kami tetap yakin helikopter MI-17 itu akan ditemukan,” kata Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us