HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Serikat Buruh orang asli Papua persiapkan pembentukan Dewan Pengupahan

Suasana pertemuan pengurus FSBDSOAP beberapa waktu lalu – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Orang Asli Papua (FSBDSOAP) kini telah mempersiapkan sejumlah langkah untuk memperkuat posisi organisasi itu ke depan.

Ketua Umum FSBDSOAP, Kope Wenda mengatakan salah satu yang dipersiapkan pihaknya kini adalah pembentukan Dewan Pengupahan dan Peradilan.
Ia mengatakan, Dewan Pengupahan dan Peradilan ini nantinya yang akan mengadvokasi ketika ada pekerja asli Papua tidak mendapat upah sesuai ketentuan.

“Dewan Pengupahan dan Peradilan yang akan memperjuangkan agar hak pekerja itu dibayar sesuai ketentuan. Bahkan jika harus berproses hukum sampai ke Pengadilan,” kata Kope Wenda kepada Jubi, Kamis (21/11/2019).

Selain mempersiapkan pembentukan Dewan Pengupahan dan Peradilan, organisasi serikat pekerja asli Papua juga mempersiapkan adanya juru runding untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak guna terbentuknya Lembaga Kerjasama Tripartit (LKST).

Katanya, LKST ini merupakan forum komunikasi dan konsultasi antara pemangku kepentingan yakni, serikat pekerja, pengusaha, dan pemerintah.

“Tujuan tripartit ini untuk komunikasi, konsultasi dan pertimbangan. Sebagai organisasi yang bertujuan memberikan perlindungan kepada pekerja asli Papua dalam mendapatkan hak-haknya, kami mesti membangun komunikasi dengan semua pihak,” ujarnya.

Loading...
;

Sementara itu, Sekretaris Jenderal atau Sekjen FSBDSOAP, Klemens Samberbori mengatakan pihaknya telah menerbitkan surat keputusan atau SK kepada pengurus DPD di 28 kabupaten dan satu kota. SK untuk beberapa pengurus kabupaten/kota telah diserahkan. Untuk kabupaten yang terkendala transportasi, SK kepengurusannya akan dikirim.

“Kami terus mempersiapkan berbagai keperluan menjelang pelaksanaan rapat kerja pada Januari 2020,” kata Samberbori.

Menurutnya, saat raker nanti pihaknya akan menjabarkan 33 program kerja di antaranya, terkait pelatihan security, perhotelan, dan perbengkelan di Balai Latihan Kerja Provinsi Papua.

Baca juga  BI prediksi kebutuhan uang tunai di Papua saat Idulfitri capai Rp 3,03 triliun

“Kami sedang menggenjot agar program ini bisa diakomodir saat raker nanti. Pengurus DPD diharapkan dapat melibatkan dalam berbagai pelatihan yang dilakukan nantinya,” ucapnya. (*)

Editor : Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa