HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Serikat pekerja berharap pemerintah berdayakan pekerja OAP

papua serikat pekerja oap
Ilustrasi pengurus FSBDSOAP saat menggelar rapat terbatas – Dok Jubi.
papua serikat pekerja oap
Ilustrasi pengurus FSBDSOAP saat menggelar rapat terbatas – Dok Jubi.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Dewan Pimpinan Pusat Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Orang Asli Papua atau DPP FSBDSOAP berharap pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Papua melalui intansi terkait dapat memberdayakan pekerja OAP (Orang Asli Papua) dalam mengembangkan ekonomi di Papua.

Ketua Umum FSBDOAP Kope Wenda mengatakan harapan akan adanya dukungan pemerintah itu juga disampaikan pihaknya saat bertemu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Papua belum lama ini.

Serikat pekerja berharap pemerintah berdayakan pekerja OAP 1 i Papua

“Organisasi ini terbentuk untuk memberdayakan dan melindungi buruh atau pekerja asli Papua, untuk itulah kami berharap ada kerja sama antara pemerintah, pemberi kerja, dan pekerja (tripatri),” kata Kope Wenda via telepon, Kamis (28/5/2020).

Ia juga berharap ada pemberdayaan pekerja asli Papua yang berada dalam organisasi FSBDSOAP sebagai garda terdepan pembangunan ekonomi kerakyatan di Papua.

Wenda menjelaskan, FSBDSOAP terdaftar di Kementerian Dalam Negeri RI Nomor: 3200-00-00/450/VII/2019 tanggal 23 Juli 2019. Sejak awal pembentukan organisasi tersebut mengusung semangat konsep kearifan lokal orang asli Papua.

Kini, katanya, sejumlah program kerja jangka pendek dan jangka menengah telah disiapkan pengurus organisasi.

Program jangka pendek, di antaranya memberikan pembekalan atau kursus keterampilan di bidang pertanian, perikanan, perkebunan, dan koperasi kepada usia produktif. Juga penyediaan peralatan, bibit, dan lahan dengan sistem pusat pengembangan masyarakat.

Loading...
;

Program jangka menengah difokuskan kepada keterampilan praktis, agar sumber daya manusia pekerja asli Papua dapat memanfaatkan potensi alam yang ada.

“Program kerja organisasi ini bersifat edukatif, representatif, bimbingan terpadu, gotong royong, dan holistik,” ujarnya.

Sekretaris II Dewan Adat Papua versi Kongres Besar Masyarakat Adat Papua III, John NR Gobai mengatakan, kehadiran FSBDSOAP merupakan bentuk kesadaran orang asli Papua akan pentingnya pemberdayaan pekerja asli Papua dan proteksi terhadap hak-haknya.

“Kita berharap kehadiran organisasi ini semakin menyadarkan orang asli Papua pentingnya berserikan dan membangun solidaritas antara pekerja asli Papua, sebagai wadah pemersatu memperjuangkan dan melindungi hak-hak mereka,” kata Gobai. (*)

Editor: Syofiardi

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa