Follow our news chanel

Serikat pekerja Tunisia rencanakan pemogokan umum

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Hammamet, Jubi – Serikat pekerja terbesar di Tunisia, telah mengumumkan pemogokan umum dua-hari oleh pekerja sektor-masyarakat pada 20 Februari 2019.

"Pemogokan umum ini perlu," kata pemimpin Serikat Pekerja Umum Tunisia (TGLU), Noureddine Taboubi, dalam pernyataan setelah pertemuan serikat pekerja, Sabtu (19/1/2019).

Kantor Berita Turki, Anadolu menyebutkan pemogokan itu dilakukan setelah dialog dan perundingan dengan pemerintah mengenai kenaikan upah pegawai sektor-masyarakat membentur kebuntuan.

Tercatat pada Kamis (17/1/2019), ribuan pegawai negeri sipil Tunisia tinggal di rumah, sebagai bagian dari pemogokan umum yang diserukan oleh TGLU guna menuntut kenaikan gaji.Sedangkan November lalu, serikat pekerja itu menyelenggarakan pemogokan serupa guna menuntut kenaikan upah buat anggota serikat pekerja layanan umum Tunisia, yang memiliki sebanyak 650.000 orang.

Namun pemogokan tersebut gagal membujuk pemerintah agar memenuhi tuntutan lama pekerja berupa gaji lebih tinggi untuk pegawai sektor layanan masyarakat. Sejak aksi perlawanan rakyat di Tunisia pada 2011, negeri itu telah menghadapi tiga pemogokan umum untuk memprotes kondisi ekonomi yang memburuk.

Tunisia adalah tempat kelahiran aksi perlawanan "Arab Spring", yang melanda seluruh Afrika Utara serta Timur Tengah pada awal 2011. Aksi perlawanan rakyat di Tunisia memaksa penguasa otoriternya, Zaine Al Abidine Ben Ali, meletakkan jabatan dan akhirnya meninggalkan negeri tersebut– setelah hampir 25 tahun berkuasa. (*)

Loading...
;

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top