Follow our news chanel

Seruan Komnas HAM Papua untuk penyelenggara dan paslon kepala daerah

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Komnas HAM perwakilan Papua menyerukan kepada penyelenggara, pasang calon (paslon) gubernur-wakil Papua, dan paslon bupati-wakil bupati tujuh kabupaten berperan menciptakan pilgub (pilkada) damai di Papua, 27 Juni 2018.

Kepala kantor Komnas HAM perwakilan Papua, Frits Ramandey mengatakan, pihaknya menyerukan kepada penyelenggara (KPU dan Bawaslu) di provinsi hingga kabupaten (kota) agar bebas dari kepentingan. Dapat memfasilitasi warga negara menyalurkan hak politiknya sebagai hak asasi, 27 Juni 2018.

Kepada pasangan calon gubernur-wakil gubernur dan bupati-wakil bupati, Komnas HAM Papua mengingatkan agar tidak menjadi bagian dari konflik. Tapi mengedepankan prinsip demokrasi hukum dan HAM, mengedepankan pilkada (pilgub) yang menjunjung prinsip hukum dan HAM.

“Kami juga harap masyarakat pro aktif memberikan hak suaranya,” kata Frits Ramandey kepada Jubi, Kamis (21/6/2018).

Menurutnya, Komnas HAM Papua juga telah memetakan dan menyampaikan kepada penyelenggara serta kepolisian, beberapa daerah di Papua yang dianggap berpotensi terjadi gesekan di masyarakat, saat pelaksanaan pilkada (pilgub).

Daerah yang dianggap berpotensi itu selain lima dari tujuh daerah di Papua yang akan melaksanakan pilkada, 27 Juni 2018 mendatang, juga beberapa kabupaten yang tidak melaksanakan pilkada.   

Loading...
;

“Ada beberapa di pegunungan yang akan gunakan sistem noken dan wilayah pantai yang pemilihanya heterogen,” ucapnya.

Sementara Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar menyatakan, pihaknya juga tak ingin terjadi konflik dalam pilkada di Papua tahun ini.

Ia mengatakan, secara teknis, pihaknya telah siap melakukan pengamanan yang sifatnya makro agar semua pihak bisa sama-sama bangun kesepahaman menghadapi pilkada serentak agar aman, damai, demokratis dan bermartabat

“Semua pihak memiliki peranan itu,” kata Boy Rafli belum lama ini. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top