Follow our news chanel

Previous
Next

Setiap orang harus yakin agamanya paling baik, tetapi wajib toleransi

Papua
Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Layanan Kerukunan Umat Beragama (KUB) Kabupaten Jayapura, Kamis (3/9/2020) - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, JubiMenteri Agama Fachrul Razi memuji penetapan zona integritas kerukunan umat beragama di Kabupaten Jayapura. Dia meyakini masyarakat asli setempat berhati baik dan pendamai sehingga senantiasi hidup harmonis dengan warga lain.

“Orang Papua, Aceh, dan Batak itu memang bertampang keras, tetapi hati mereka begitu tulus (lembut). Itu sudah terbukti. Ketika kami menginjakan kaki di Bandara Sentani, masyarakat menyambut dengan sangat ramah dan penuh suka cita,” kata Menteri asal Aceh tersebut dalam lawatannya ke Sentani, Kamis (3/9/2020).

Menteri Agama dalam kesempatan tersebut memimpin peletakan batu pertama pembangunan Gedung Layanan Kerukunan Umat Beragama (KUB) dan Monumen Zona Integritas Kerukunan Umat Beragama. Seremoni tersebut berlangsung di halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Jayapura di Gunung Merah.

“Semua orang harus merasa (yakin) agama yang dianutnya lebih baik daripada agama lain. Namun, kita pun wajib menghormati orang lain yang juga meyakini agamanya lebih baik daripada agama lain,” kata Menteri Razi.

Dia melanjutkan perbincangan mengenai keyakinan seseorang merupakan hal paling sensitif. Masyarakat pun dimintanya untuk saling menghormati keyakinan orang lain.

“(Pembicaraan) paling sensitif dari semua hal itu ialah ketika menyinggung soal agama. Oleh sebab itu, saya mengajak masyarakat di daerah ini tetap hidup rukun dan damai,” ujar Razi.

Bupati Mathius Awoitauw mengatakan zona  integritas kerukunan umat beragama telah dicanangkan di Kabupaten Jayapura pada 28 Mei 2016. Pencanangan tersebut bersamaan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Papua di Sentani.

Loading...
;

“Pembangunan Gedung Layanan KUB dan Monumen Zona Integritas Kerukunan Umat Beragama merupakan kelanjutan dari pencanangan tersebut. Kami membutuhkan dukungan pemerintah pusat, terutama Kementerian Agama untuk membangunnya,” kata Awoitauw (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top