Follow our news chanel

Setya baik-baik saja sebelum jadwal pemeriksaan KPK

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jakarta, Jubi – Ketua Generasi Muda Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan tersangka korupsi KTP-elektronik Setya Novanto baik-baik saja sebelum jadwal pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Menurut Doli, “Setya menghadiri beberapa pertemuan dan undangan,” kata Doli, Senin, 11/09/2017.

Setya tidak datang memenuhi panggilan KPK dengan alasan kadar gulanya naik. Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham mengantar surat keterangan sakit milik Setya ke KPK. Setya dirawat di Rumah Sakit Siloam, Jakarta Selatan, sejak Minggu malam ( 10/09/2017).

Idrus menyebut Setya dirawat tiga dokter. Para dokter spesialis penyakit dalam itu adalah Stefanus, Daniel Gunawan, dan Santoso. "Dari pemeriksaan dokter semalam, penyakitnya adalah gula darah, yang berpengaruh terhadap fungsi ginjal dan jantung," kata Idrus, Senin, 11 September 2017.

Setya Novanto menjadi tersangka keempat dalam proyek e-KTP. Dua tersangka sebelumnya, Irman dan Sugiharto, telah divonis bersalah dan dihukum masing-masing 7 dan 5 tahun penjara.

Namun putusan itu belum berkekuatan hukum tetap lantaran jaksa penuntut umum KPK mengajukan banding.

Tersangka ketiga adalah Andi Agustinus alias Andi Narogong. Saat ini ia menjalani sidang di tingkat Pengadilan Negeri. Orang yang disebut teman dekat Setya itu didakwa menjadi kasir dalam megakorupsi proyek yang merugikan negara sebesar Rp2,3 triliun itu.

Loading...
;

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang tak banyak berkomentar mengenai absennya Setya dalam pemeriksaan perdananya sebagai tersangka. Ia hanya mengatakan bahwa hal yang wajar jika seseorang mendadak sakit sebelum diperiksa oleh KPK. "Saya pikir wajar kalau gula darahnya naik ketika dipanggil (KPK). Itu biasa. Detak jantungnya kan beda," kata dia. KPK bakal menjadwalkan ulang pemeriksaan Setya.

Sementar itu, pihak kepolisian mengerahkan 125 personel mengamankan jalannya sidang praperadilan ketua DPR Setya Novanto (Setnov) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa ( 12/09/2017).

Kasubag Humas Polres Jakarta Selatan, Kompol Purwanta, mengatakan penambahan personel dilakukan apabila terjadi hal tak diinginkan saat persidangan.

"Ya itu lihat dari situasi ya, kalau ada apa-apa kita akan minta bantuan dari Polda Metro," katanya.

Sejumlah massa juga tampak memadati lingkungan PN Jaksel. massa dari Angkatan Mudah Partai Golkar dan Sentral Organisasi Karyawan‎ Swadiri Indonesia (SOKSI) lebih kurang mencapai 150 orang.

Setya Novanto mendaftarkan gugatan praperadilannya. Gugatan Novanto akan dikawal tim advokasinya, terdiri dari Agus Trianto, Ida Jaka Mulyana, dan Amrul Khair Rusin. Sedangkan KPK akan diwakili tim Biro Hukum KPK. (*)

Sumber: Tempo.co/Merdeka.com

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top