HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Sidang Assa Asso tertunda untuk keempat kalinya

Ilustrasi Pengadilan Papua
Foto ilustrasi, Dewi Keadilan. - pixabay.com
Papua No. 1 News Portal | Jubi

 Jayapura, Jubi – Advokat Koalisi Penegak Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua, Helmi menyesalkan tertundanya persidangan bagi kilennya, Assa Asso di Pengadilan Negeri Jayapura pada Kamis (4/6/2020). Proses persidangan Assa Asso-salah satu tahanan politik Papua dalam perkara dugaan makar pasca amuk massa terjadi di Kota Jayapura, Papua pada 29 Agustus 2019-telah tertunda selama empat kali berturut-turut.

Assa Asso adalah film maker yang ditangkap dan ditahan sejak 23 September 2019. Ia didakwa dengan pasal berlapis gara-gara mengunggah video tentang aksi unjuk rasa anti rasisme di media sosial Facebook pada 23 Agustus 2019. Asso didakwa dengan Pasal 106 KUHP tentang makar dengan maksud supaya seluruh atau sebagian wilayah negara jatuh ke tangan musuh atau memisahkan sebagian dari wilayah negara. Ia juga didakwa dengan Pasal 160 KUHP tentang penghasutan mengajak orang melakukan perbuatan pidana, melakukan kekerasan terhadap penguasa umum atau tidak menuruti baik ketentuan undang-undang.

Proses persidangan Assa Asso telah memasuki tahapan pembuktian, pemeriksaan saksi ahli, dan terdakwa. Akan tetapi, sidang kasus itu telah tertunda hingga empat kali berturut-turut.

Sidang Assa Asso tertunda untuk keempat kalinya 1 i Papua

Baca juga: Ketiga kalinya, sidang pembuktian dan pemeriksaan Assa Asso tertunda

Majelis hakim dipimpin ketua majelis hakim Maria Magdalena Sitanggang memutuskan menunda sidang, karena Jaksa Penuntut Umum kasus itu, Obed Ansanai masih dirawat di rumah sakit. “Sidang itu akan akan dilanjutkan pada 8 Juni 2020 dengan agenda pembuktian dan pemeriksaan terdakwa dan ahli dari Jaksa Penuntut Umum,” kata Helmi kepada Jubi melalui telepon selulernya, Kamis (4/6/2020).

Helmi berharap Pengadilan Negeri Jayapura bisa menghadirkan Jaksa Penuntut Umum pada persidangan 8 Juni 2020. Ia menyatakan penundaan sidang hingga empat kali berturut-turut itu merugikan semua pihak. “Kalau kondisi begini, lalu proses ini ditunda, tentunya akan merugikan kita semua,” katanya.

Advokat Koalisi Penegak Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Papua lainnya, Emanuel Gobai meminta polisi segera menangguhkan penahanan dua kliennya yang ditahan di Markas Kepolisian Daerah Papua, Assa Asso dan Ivan Sambom. Gobai juga meminta penahanan kliennya yang lain, Yusak Logo alias Bazoka Logo di Markas Kepolisian Sektor Abepura segera, ditangguhkan mengingat semakin mewabahnya Covid-19 di Papua.

Loading...
;

Baca juga: Update 4 Juni: Satgas Covid-19 Papua konfirmasi 15 kasus baru

“Saya harap polisi mempertimbangkan penangguhan penahanan itu, untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Nanti [jika] situasi [wabah Covid-19] membaik, baru bisa dilanjutkan persidangannya. Mereka ini dikeluarkan dulu, kembali ke keluarga, melakukan jaga jarak. Kalau situasi membaik dan sudah sehat, mereka dipanggil untuk disidangkan. Itu solusi yang baik,” kata Gobai.

Gobai menyatakan khawatir dengan kondisi kesehatan ketiga kliennya itu, terlebih setelah melihat penularan Covid-19 terus betambah dan merebak. “Kalau proses persidangan ini terus berlanjut, kita bisa menarik kesimpulan bahwa telah terjadi pelanggaran hak atas kesehatan. Pelanggarnya ialah Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung,” kata Gobai.

Secara terpisah, Juru Bicara Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua mengonfirmasi 15 kasus baru pada Kamis (4/6/2020). Dengan tambahan itu, total kasus positif korona di Provinsi Papua bertambah menjadi 877 kasus. Kasus positif terbanyak ditemukan di Kota Jayapura, dengan jumlah kasus yang mencapai 389, dan sejumlah 334 pasien diantaranya masih menjalani perawatan. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa