HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Silwanus: Masyarakat jangan takut soal pemakaman jenazah Covid-19

Proses pemulasaraan jenazah di TPU Buper, Waena, Kota Jayapura – Jubi/Dok Satgas Covid-19 Papua
Silwanus: Masyarakat jangan takut soal pemakaman jenazah Covid-19 1 i Papua
Proses pemulasaraan jenazah di TPU Buper, Waena, Kota Jayapura – Jubi/Dok Satgas Covid-19 Papua.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi– Ketakutan terhadap penularan virus corona memicu munculnya penolakan jenazah pasien, seperti yang terjadi di Kota Jayapura.

Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, mengatakan masyarakat tak perlu khawatir karena proses pemakaman pasien dilakukan sesuai prosedur pemulasaraan jenazah yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Silwanus: Masyarakat jangan takut soal pemakaman jenazah Covid-19 2 i Papua

“Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir soal proses pemakaman yang dilakukan terhadap jenazah covid-19. Saya berharap, penolakan kemarin tidak lagi terjadi. Karena proses awal jenazah dimasukkan ke dalam peti sudah sesuai dengan protap yang dikeluarkan oleh Kemenkes,” kata Silwanus kepada wartawan, Senin (6/4/2020) malam melalui video telekonferensi.

Selain itu, para petugas yang melakukan pemulasaraan jenazah adalah petugas yang memiliki kompetensi dan sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri.

“Tidak sembarang orang melakukan pemulasaraan jenazah. Semua sesuai dengan prosedur,” ujarnya.

Untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus untuk jenazah covid-19, kata Silwanus, pemerintah Kota Jayapura telah menyediakan lahan di wilayah Buper, Waena.

“Apabila ada pasien yang meninggal akibat covid-19, tugas rumah sakit adalah melakukan pemulasaraan jenazah tersebut. Untuk pemakamannya sudah disediakan oleh pemerintah Kota Jayapura. Jadi untuk keluarga korban tidak perlu kuatir, apalagi masyarakat umum. Sekali lagi saya imbau kepada masyarakat, mari kita dukung kinerja pemerintah dalam melakukan pemberantasan terhadap virus (corona) ini,” ajak Silwanuns. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.