HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Simon Petrus Balagaize resmi memimpin KNPI Merauke

Bersama-sama jajaran kepengurusannya, Simon Petrus Balagaize dilantik menjadi Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia atau DPD KNPI Kabupaten Merauke, Rabu (11/3/2020). – Jubi/Benny Mawel

Simon Petrus Balagaize dilantik menjadi Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia atau DPD KNPI Kabupaten Merauke, Rabu (11/3/2020). Prosesi pelantikan itu dilangsungkan di Merauke.

Proses pelantikan Simon Petrus Balagaize dan jajaran pengurus DPD KNPI Kabupaten Merauke itu dihadiri Bupati Merauke Frederikus Gebze, Ketua DPD KNPI Papua Alberto G Wanimbo, Staf Khusus Kepresidenan Deputi V Bidang Politik, Pertahanan, Hukum dan HAM, L Rumayom, dan perwakilan organisasi kemahasiswaan dan pemuda. Sejumlah tamu dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta, serta para pelajar, juga menghadiri pelantikan itu.

Dalam sambutannya, Simon Petrus Balagaize mengajak semua kelompok muda-mudi bersatu membangun Merauke. Ia meminta semua generasi muda Merauke tidak terpengaruh dengan pengaruh yang merusak masa depan Merauke.

“Pemuda itu tulang punggung pembangunan. Lakukan konsolidasi, semua dalam rangka pembangunan,” ujarnya.

Ia menyatakan generasi muda yang bersatu perlu bersinergi dengan pemerintah. Pemuda harus mendukung suksesnya program pembangunan pemerintah daerah. “Pola kerja yang sinergis dengan pemerintah, perlu konsolidasi dengan OKP di kampung-kampung,”ungkapnya.

Balagaize menegaskan pemuda tidak boleh lupa bahwa orang Papua harus mendapat perhatian khusus. “Pembangunan yang sinergis, merata, khusus untuk orang asli Papua, dan seluruh masyarakat di Merauke,” ujarnya.

Menurutnya, program terkini yang memdesak untuk dikerjakan kaum muda adalah  pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020, di mana Kabupaten Merauke salah satu gugus wilayah penyelenggaraan PON XX Papua. “Pemuda bersatu membangun netralitas dalam program-program ini, supaya kita sukseskan prestasi atlet, makan minum, dan kesehatan atlet,”ungkapnya.

Loading...
;

Ketua DPD KNPI Provinsi Papua, Alberto G Wanimbo mengatakan KNPI itu tulang punggung OKP di Merauke, di Papua, dan di Indonesia. “KNPI itu harkat dan martabat OKP yang ada di Merauke,”ungkapnya.

Baca juga  Kado Awal Tahun, PLN UIP Papua Resmi Operasikan 3 PLTMG

Lebih dari itu, demikian menurut Wanimbo, pemuda menentukan masa depan pembangunan, termasuk berdirinya Negara Indonesia. “Pemuda yang mencetuskan bening-benih kemerdekaan Indonesia. Bahkan deklarasi pun, Soekarno didesak oleh pemuda membaca proklamasi,” kata Wanimbo.

Staf Khusus Kepresidenan Deputi V Bidang Politik, Pertahanan, Hukum dan HAM, L Rumayom berpesan penggurus DPD KNPI Merauke tidak merasa minder, tidak merasa masih muda, dan jangan merasa tidak bisa. “Percayalah, Tuhan lah yang mengutus saudara, jadi harus menghasilkan pemimpin yang terbaik ke depan,” katanya.

“Kalau ada masalah, bangun sistem penyelesaian. Bangun koordinasi. Kita harus saling mendukung dan mendoakan,” ujarnya.

Menurutnya, ada dua hal yang paling dibutuhkan anak muda untuk membuat perubahan. “Dua hal yang kita butuhkan. Soft skill dan hard skill,” kata Rumayom.

Rumayom menyatakan kemampuan untuk mengusai soft skill butuh perjuangan panjang dan keseriusan. “Hard skill gampang. Kita tinggal ke bengkel, satu-dua jam belajar bisa menjadi ahli tambal ban,” kata Rumayom.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze dalam sambutanya menyampaikan hal-hal yang diharapkan dari pemuda saat ini. Ia menyatakan pemuda harus berjuang menjadi pemuda yang berpengetahuan dan berkarakter. Karena, menjadi manusia berkarakter itu butuh perjuangan panjang.

“Pemuda milenial, pemuda pucuk, perlu belajar. Dibutuhkan 12 tahun membentuk karakter. Kita belajar matematika bisa satu tahun,”ungkapnya.

Gebze menyatakan pemuda juga harus punya komitmen, loyalitas, dan integritas. Pemuda juga harus memiliki pendirian yang teguh, tidak terpengaruh dengan siapapun.  “Pemuda yang berkultur budaya, indentitas, pemuda tidak akan digoyah,” kata Gebze.

Pada akhir sambutannya, Gebze meminta para aktivis KNPI membersihkan Merauke dari sampah plastik. “Saya kasih Rp10 juta, besok kamu mulai kerja,” kata Gebze, yang disambut dengan tepuk tangan semua hadirin.

Baca juga  Adat, ekonomi kerakyatan, pendidikan dan kesehatan adalah hak mutlak milik masyarakat

Ia menegaskan, air kolam dan sungai harus bebas dari sampah dan plastik. “Karena, [jika] ikan yang kita tangkap dan makan dari air yang penuh sampah, itu tidak sehat,” ujar Gebze.(*)

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa