Siska Abugau minta Polda Papua penuhi hak Nataniel Tibagau 

Ilustrasi pengadilan Papua
Foto ilustrasi - pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Kelompok Kerja Perempuan Mejelis Rakyat Papua atau MRP, Siska Abugau meminta Kepolisian Daerah Papua memenuhi hak Nataniel Tibagau yang tengah ditahan polisi sejak Senin (4/1/2021). Hingga Rabu (6/1/2021), Tibagau belum bisa ditemui dan belum mendapatkan penampingan hukum dari Lembaga Bantuan Hukum Papua.

Siska Abugau menyatakan Nataniel Tibagau yang tengah ditahan dalam perkara terkait dugaan tindak pidana yang diatur Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 itu tetap memiliki hak dan harus diperlakukan dengan baik. “Harapan mama, Nataniel harus diperlakukan dengan baik. Jangan disakiti,” kata Abugau di Kota Jayapura, Rabu.

Abugau menyatakan selama proses hukum berjalan, Nataniel memiliki hak untuk diperiksa dan memberikan keterangan tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Nataniel juga memiliki hak untuk dikunjungi penasehat hukum dan keluarganya.

Baca juga: LBH Papua menilai Nataniel Tibagau ditangkap secara sewenang-wenang

Sebelumnya, Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua, Emanuel Gobay menyatakan penangkapan dan penahanan aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Intan Jaya itu dilakukan secara sewenang-wenang. “Penangkapannya dilakukan tanpa prosedural, serta tidak diketahui oleh istri Nataniel Tibagau yang sebelumnya bersama-sama Nataniel,” kata Gobay.

Gobay menyatakan meskipun Nataniel telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) terkait kasus pelanggaran Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 yang diduga terjadi pada Januari 2020, penangkapan Nataniel tidak boleh dilakukan sewenang-wenang. Gobay juga menilai penangkapan itu aneh, karena didasarkan dugaan kasus senjata yang peristiwanya terjadi pada Januari 2020.

Ia menyatakan pihaknya masih menunggu akses untuk bertemu dengan Nataniel Tibagau, untuk mendengar kronologi peristiwa penangkapan dan penahanan yang dialami Nataniel. Informasi itu akan digunakan LBH Papua untuk melakukan pendampingan hukum terhadap Nataniel.(*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top