Follow our news chanel

Sistem penyaluran beras medium akan diubah

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Wamena, Jubi –  Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Jayawijaya, Semuel Munua mengatakan, pihaknya akan mengubah sistem penyaluran beras medium dalam program operasi pasar.

Selama ini, beras medium dibeli warga  dengan harga murah di setiap kios atau toko yang ditunjuk.  Nantinya sistem itu akan diubah.  Pihaknya sendiri yang akan bertanggungjawab.

“Kami sudah rapat mau ubah sistemnya, mungkin semua dipusatkan di koperasi Perindag atau melakukan operasi pasar langsung ke lapangan oleh dinas,” kata Munua kepada wartawan di Wamena, Minggu (21/10/2018).

Menurutnya sistem sebelumnya yang berlaku, yaitu dititip dihampir 50-an kios dan toko yang ditunjuk sebagai distributor. Setiap satu kios dijatah satu ton. Tetapi hal itu kurang maksimal karena beras satu ton menurut pedagang,  dua jam saja sudah habis dibeli.

“Jadi kalau dipusatkan di Perindag, mungkin seminggu sekali kami salurkan di Pasar Sinakma, seminggu sekali di Pasar Jibama, seminggu sekali pergi ke distrik-distrik di pinggiran kota,” katanya.

Ia juga mengklaim jika hingga September kemarin, program ini telah terjual di atas 150 ton dengan harga yang cukup murah. Yakni  di kisaran Rp10.250 hingga Rp12.000 per kilogramnya.

Loading...
;

“Penyalurannya yang dirasa belum maksimal, Bagi  distributor yang selama ini menjual beras itu, kita akan selesaikan dengan para pedagang, sehingga sekarang ini menjadi tanggungjawab Perindag, agar terkontrol dan terawasi walaupun mungkin tidak 100 persen juga pengawasannya,” ujar dia.

Kepala Kantor Seksi Logistik Bulog Wamena, Ahmad Mustari menambahkan,  pihaknya akan menyerahkan sistem penyaluran itu, sepenuhnya  ke dinas Perindag.

“Bulog sifatnya hanya sebagai penyalur, meskipun dalam pekan lalu tidak bisa tersalurkan karena stok yang ada untuk pegawai negeri akibat sejumlah penerbangan mengalami perbaikan,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top