Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Situs Megalitikum Tutari, nasibmu kini

Artefak dikelilingi semak di Situs Megalitikum Tutari, Kampung Doyo Lama, Kabupaten Jayapura – Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Situs Megalitikum Tutari di Kampung Doyo Lama, Kabupaten Jayapura merupakan salah satu peninggalan purbakala terpenting di Tanah Papua. Sayangnya, kondisi situs, saat ini cukup mengenaskan lantaran tidak terawat.

Setidaknya, sudah sekitar tiga tahun terakhir, Situs Tutari tidak pernah lagi mendapat sentuhan perawatan dari pemerintah. Alhasil, kawasan bersejarah tersebut menjadi bersemak. Rumput menjulang tinggi hingga menutupi sejumlah artefak.

“Bantuan untuk perawatan terakhir kali diberikan pada 2016. Setelah itu, tidak pernah lagi ada bantuan dari pemerintah,” kata Hans Marten Pangatana, Rabu (20/11/2019).

Pangatana merupakan penjaga resmi atau Juru Kunci Situs Tutari. Dia membandingkan perlakuan pemerintah terhadap Situs Mac Arthur. Perawatan situs peninggalan Perang Dunia II tersebut jauh lebih diperhatikan pemerintah ketimbang Situs Tutari.

“Hanya Situs Mac Arthur yang diperhatikan (pemerintah), sedangkan Situs Tutari tidak pernah sama sekali. Kami membutuhkan mesin babat (pemotong rumput), (biaya) perawatan (situs), dan perbaikan kantor,” jelas Pangatana.

Pangatana mengaku telah berulang kali mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah setempat. Akan tetapi, tidak pernah digubris.

Loading...
;

Penelantaran Situs Tutari oleh pemerintah juga disesalkan warga. Peninggalan arkeologi itu seharusnya dilindungi dan dijaga kelestariannya sehingga tidak hanya tinggal nama. Generasi penerus harus tetap dapat menyaksikan dan mempelajari Situs Megalitikum Tutari.

“Papua banyak memiliki situs bersejarah, tetapi tidak terlalu banyak yang tahu. Kalau bisa, ini (peninggalan sejarah Papua) juga masuk mata pelajaran sekolah. Jangan sejarah di luar Papua saja (yang dipelajari),” kata Hanna Monim.

Monim masih berharap pemerintah tergerak untuk merawat dan membenahi Situs Tutari. Kawasan purbakala itu bisa dikemas menjadi lokasi tujuan wisata andalan di Kampung Doyo Lama. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top