Skor PNG membaik di indeks persepsi korupsi global

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Pengumuman indeks korupsi global Corruption Perceptions Index tahun 2017 oleh organisasi internasional Transparency International (TI), Rabu kemarin (21/2/2018), menunjukkan kenaikan skor PNG sebesar empat poin dibanding dengan skor tahun sebelumnya.

Walaupun sudah mengalami sedikit peningkatan, PNG masih termasuk dalam daftar 25% negara-negara yang paling korup di dunia, menempati posisi 135 dari 180 negara yang turut dinilai oleh indeks tersebut, dengan skor 29 dari 100.

Ketua TI PNG Lawrence Stephens mengakui kenaikan skor menandakan PNG mulai membaik. Namun, dia menekankan perlunya upaya konsisten untuk memerangi korupsi global, dengan meningkatkan partisipasi rakyat dalam urusan publik.

“2018 adalah tahun APEC untuk Papua Nugini dan dunia sudah mulai mengamati  kita. Pemberantasan korupsi ini bukan hanya masalah pemerintah saja. Semua sektor; gereja-gereja, bisnis, masyarakat sipil dan setiap warga negara, harus turut terlibat,” kata Stephens.

Stephens mengatakan 69 persen dari semua negara yang disurvei dalam indeks tersebut, memiliki skor kurang dari 50. Angka ini menunjukkan bahwa ada 69 persen yang tidak dapat mencapai skor setengah yaitu 50 dari 100, dan oleh karenanya negara-negara ini dinilai korup.

Wakil Perdana Menteri PNG Charles Abel mengatakan dia menerima peringkat PNG di indeks itu, dan mengakui masih perlu berupaya banyak untuk meningkatkan posisi negara tersebut di komunitas global.

Loading...
;

“Tanpa adanya indikator pengukuran dan tujuan yang pasti dalam mengukur tingkat korupsi di suatu negara, banyak persepsi korupsi di PNG digeneralisasi.”

Dia lalu mengalihkan pembicaran pada fakta bahwa PNG sekarang berada di posisi ke 135 dalam indeks tahun ini, dengan delapan negara lainnya termasuk Rusia dan Meksiko; dua negara yang mana sejumlah jurnalis dibunuh  karena melaporkan kebenaran. Dibandingkan dengan ini, PNG masih menikmati kebebasan media yang relatif tinggi. (Post Courier PNG)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top