Follow our news chanel

SLB Negeri Bagian B terpaksa menerima anak berbagai kebutuhan khusus

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bagian B, Kasmino mengatakan, sekolah yang dipimpinnya bukan lagi spesifik Bagian B untuk anak-anak Tuna Rungu, namun kini semua anak yang berkebutuhan khusus terpaksa diterima.
 
Ditemui Jubi di ruang kerjanya, Selasa (7/2/2017), Kasmino mengatakan, SLB tersebut memiliki beberapa bagian, di antaranya Bagian A yang khusus menangani anak Tuna Netra, Bagian B khusus menangani Tuna Rungu, Bagian C menangani Tuna Grahita, Bagian D menangani Tuna Daksa, dan Bagian E menangani Tuna Laras atau Autis.
 
“Sekarang yang susah kami sendiri, dimana tenaga pendidik masih kurang ditambah lagi ruang kelas yang minim, namun mau bagaimana lagi, banyak orang tua yang datang membawa anak mereka untuk menempuh pendidikan di sini, kami tidak bisa menolak karena kami juga inginkan yang terbaik bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus tersebut,” katanya.
 
Dikatakan, idealnya satu kelas dipimpin dua guru, satu guru utama dan satu guru pembantu. Tugas pokok guru utama adalah mengajar dan guru pembantu mengawasi anak-anak yang tidak fokus mengikuti pelajaran agar bisa fokus.
 
“Saat ini satu kelas hanya diajar seorang guru, ini sangat kurang dari standar dan kami juga sadar untuk mendapatkan guru yang sabar dan paham tentang pola mengajar di sekolah seperti ini sangat sulit,” ujarnya.
 
Ia mengatakan, mendidik anak yang mengalami keterbelakangan mental membutuhkan guru yang harus memiliki skill lebih agar bisa memahami watak dan karakter muridnya.
 
Di Indonesia bagian timur, katanya, hanya ada dua universitas yang memiliki program studi Pendidikan Luar Biasa, di Manado dan Makassar. Kebanyakan guru yang mengajar dari dua daerah tersebut.
 
Seorang guru yang enggan menyebutkan namanya kepada Jubi mengaku kewalahan menangani anak-anak berkebutuhan khusus dengan karakter berbeda-beda. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top