Follow our news chanel

Previous
Next

Soal asrama Nusantara harus ada kajian mendalam

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawancara - Jubi/Engel Wally
Soal asrama Nusantara harus ada kajian mendalam 1 i Papua
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawancara – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, menanggapi salah satu usulan 61 tokoh Papua kepada Presiden Joko Widodo, yaitu terkait pembangunan asrama Nusantara di setiap kota studi.

“Sebelum membangun asrama Nusantara ini harus ada kajian mendalam terhadap keberadaan asramanya. Ini tidak mudah, karena nantinya di asrama ini akan berhimpun mahasiswa dari berbagai suku, ras, dan agama di indonesia,” ujar Bupati Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Rabu (11/9/2019).

Dikatakan, setiap asrama di masing-masing kota studi adalah keterwakilan dari setiap daerah yang dikirim melalui pemerintah daerah dan itu menjadi tanggung jawab pemerintah yang mengirim mahasiswa atau siswa tersebut ke setiap kota stud.

“Yang tinggalnya sendiri seperti saat ini saja masih ada masalah yang terjadi, apalagi kalau bercampur baur dalam satu asrama dengan budaya dan kultur berbeda. Saya kira di setiap perguruan tinggi punya asrama mahasiswa yang biasa digunakan untuk menampung semua mahasiswa dari berbagai daerah, jadi ikut yang ada saja,” ungkapnya.

Sementara itu, Pdt. Alberth Yoku, salah satu tokoh Papua yang ikut serta dalam rombongan tersebut saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan bahwa usulan pembangunan asrama Nusantara adalah salah satu usulan yang juga disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

“Dari pertemuan kami kemarin, turut hadir juga orang-orang tua pendamping mahasiswa di setiap kota studi. Mereka menyampaikan pandangan mereka bahwa asrama yang komunal seperti saat ini sangat sulit diawasi. Sehingga perlu juga ada asrama mahasiswa Nusantara, sehingga ada pembauran dari setiap suku, ras, dan agama dalam satu asrama. Mungkin saja dengan asrama Nusantara maka perilaku dan kebiasaan mahasiswa dari masing-masing daerah bisa berubah,” ungkapnya. (*)

Loading...
;

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top