Soal PON, akan ada rapat terbatas di Jakarta

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jakarta, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan mengenai pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua, akan ada rapat terbatas di Jakarta dengan melibatkan Pemerintah Provinsi Papua, Bupati Mimika, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Jayawijaya, Biak, dan KONI.

"Rapat terbatas dengan kementerian/lembaga terkait ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo kepada saya. Untuk itu, akan segera kami tindaklanjuti," kata Lukas Enembe kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (23/3/2017). 

Gubernur mengatakan dari lima kabupaten/kota yang akan menjadi tuan pelaksanaan PON, Kabupaten Mimika yang paling siap. Karena pembangunan Mimika Sport Centre yang terletak di SP V Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, sudah selesai 100 persen dan siap digunakan.

"Mimika Sport Centre dibangun oleh PT Freeport Indonesia sejak tahun 2014, standarnya Internasional. Sebagian besar cabor akan dipertandingkan di Mimika. Karena venus ada yang indoor maupun outdoor," ucapnya.

Sedangkan yang lain, ujar Enembe, masih dalam tahap renovasi maupun bangun baru. "Beberapa proyek multiyears PON sudah ditenderkan, harapan saya akhir 2018 sudah selesai semua," tambahnya.

Enembe mengatakan pembangunan stadion utama untuk pelaksanaan PON XX Tahun 2020 akan dibangun April 2017.

Loading...
;

"Bulan depan sudah mulai dibangun. Tendernya sudah selesai dan dikerjakan oleh perusahaan BUMN yakni PT. PP.”
Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan, pihaknya akan menyiapkan anggaran Rp660 miliar dalam tahun ini untuk mendanai pembangunan stadion utama.

"Tahap pertama kemarin kita sudah salurkan Rp180 miliar sampai kepada pembebasan lahannya. Sementara tahap kedua tahun ini sudah diketok dalam APBD 2017 senilai Rp660 miliar yang akan kami gunakan untuk pembangunan stadion," kata Yusuf Yambe.

Ia tekankan, tahun ini pihaknya tak hanya akan fokus pada pembangunan stadion utama melainkan melakukan rehab di sejumlah tempat yang dipandang cocok dan layak untuk menyelenggarakan cabang olahraga dalam PON 2020.

"Kami masih berupaya supaya yang rehab ini pihak swasta karena tidak semua venue menggunakan anggaran dari pemerintah," ucapnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top