Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Solidaritas Mahasiswa Meepago di Manokwari menolak Otsus Papua Jilid II

Papua, otsus
Ilustrasi Dana Otsus Papua. - Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Solidaritas Mahasiswa Meepago di Manokwari, Papua Barat, mendeklarasikan penolakan mereka terhadap rencana pemerintah pusat memberlakukan Otonomi Khusus Papua Jilid II. Deklarasi itu dilakukan di Manokwari pada Kamis (30/7/2020).

Hal itu disampaikan Koordinator Wilayah (Korwil) Solidaritas Mahasiswa Meepago Paniai, Akulian B Yeimo melalui panggilan telepon pada Jumat (31/7/2020). Menurutnya, deklarasi itu diikuti Solidaritas Mahasiswa Meepago dari Korwil Dieyai, Dogiyai, Intan Jaya, dan Nabire.

Yeimo mengatakan Solidaritas Mahasiswa Meepago di Manokwari menolak rencana pemberlakuan Otonomi Khusus (Otsus) Papua Jilid II, karena melihat pelaksanaan Otsus Papua Jilid I tidak berpihak kepada kepentingan rakyat Papua. Setelah Otsus Papua Jilid I dilaksanakan, hingga kini masyarakat Papua belum merasakan kesejahteraan. “Hingga kini rakyat Papua belum sepenuhnya memahami arti penting [Otsus Papua] dalam memajukan kehidupan yang lebih,” kata Yeimo.

Solidaritas Mahasiswa Meepago di Manokwari menolak Otsus Papua Jilid II 1 i Papua

Menurutnya, Otsus Papua gagal membuat rakyat Papua mengejar ketertinggalan mereka, dan gagal mencegah kebijakan sentralistik yang tidak berpihak kepada kepentingan rakyat Papua. “Solidaritas Mahasiswa Meepago meminta pemerintah Indonesia untuk memberikan ruang sepenuhnya kepada rakyat untuk menentukan apakah rakyat mau menerima atau menolak Otsus [Papua] Jilid II yang ditawarkan pemerintah Indonesia,” kata Yeimo.

Baca juga: Ini tahapan evaluasi Otsus Papua menurut MRP

Solidaritas Mahasiswa Meepago di Manokwari dengan tegas menolak kebijakan Otonomi Khusus Jilid II yang ditawarkan Jakarta. “Kami mendukung penuh Petisi Rakyat Papua yang menolak Otonomi Khusus Jilid II,” ujar Yeimo.

Yeimo mengatakan pihaknya menolak segala bentuk perwakilan yang mengatas masyarakat papua, dan meminta segara tim yang dibentuk tanpa mandat rakyat Papua dibubarkan. “Apabila pemerintah Indonesia tidak mengabulkan keempat pernyataan kami, kami siap mendukung mogok sipil di West Papua,” katanya.

Loading...
;

Pengurus Korwil Solidaritas Mahasiswa Meepago Dogiyai, Andi Boga meminta pihak manapun untuk tidak mengadakan kegiatan sepihak dengan mengatasnamakan suara rakyat Papua. “Dengan tegas kami menolak kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mencari kepentingan sendiri,” kata Boga.

Perwakilan Korwil Solidaritas Mahasiswa Meepago Intan Jaya, Melkius Zanbali mengatakan Otsus Papua disebut lahir untuk memberdayakan dan menyejahterakan rakyat Papua, namun hingga kini rakyat Papua tidak memahami Otsus Papua. “Kami mahasiswa sebagai tulang punggung dan agen perubahan bangsa West Papua dengan tegas menolak Otsus Jilid II,” ujarnya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top