Solomon deklarasikan taman nasional di lokasi pertempuran Perang Dunia ke II

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi – Salah satu situs kunci selama Pertempuran Guadalcanal selama lima bulan di Kepulauan Solomon akan dideklarasikan sebagai taman nasional, minggu depan.

Ini adalah salah satu dari beberapa peristiwa penting selama peringatan 75 pertarungan bersejarah Perang Dunia Ke II

Sekitar 1000 tentara tewas di Bloody Ridge, areal perbukitan yang oleh pemerintah Solomon disebut sebagai salah satu situs paling penting pada Perang Dunia ke II.

Sir Bruce Saunders, dari Perintis Pramuka dan Penjaga Pantai Selandia Baru, yang merupakan salah satu penyelenggara acara peringatan tersebut, mengatakan Bloody Ridge bersebelahan dengan bandara Henderson Field. Bandara ini disebut menjadi hadiah utama yang dicari dalam pertempuran tersebut.

"Di sinilah orang Jepang datang dari pedalaman dan berusaha dorong marinir keluar dari perbukitan dan jika mereka berhasil maka mereka akan mengambil alih bandara. Jadi, daerah ini akan dinyatakan sebagai taman nasional yang kemudian akan dikembangkan dan menjadi ikon sejarah perang Kepulauan Solomon. Dan setiap tahun mereka menyatakan hari itu sebagai hari perdamaian, persatuan dan kebebasan," kata Saunders, seperti dikutip dari Radio New Zealand, Rabu (2/8/2017).

Sekretaris Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Andrew Nihopara, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan negosiasi dengan pemilik tanah adat dan mengadakan upacara adat pemberian hadiah "Chupu". (*)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top