Follow our news chanel

Solpap akan terus menagih janji Pemkot Jayapura

Mama-Mama sedang menjajakan jualannya di pasar mama-mama Papua - Jubi/Agus Pabika
Solpap akan terus menagih janji Pemkot Jayapura 1 i Papua
Mama-Mama sedang menjajakan jualannya di pasar mama-mama Papua – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura hingga saat ini belum merealisasikan janji-janji mereka terhadap mama-mama yang berjualan di pasar Mama-Mama Papua, padahal pasar ini telah diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sejak 7 Maret 2018.

“Mama-mama dijanjikan oleh pemerintah untuk dibina, diberikan modal usaha kepada mama-mama, sampai saat ini mereka belum melihat dan merasakan bantuan tersebut, kami masih menunggu kapan realisasinya,” kata Ketua Solidaritas Pedagang Asli Papua (Solpap) Frengky Warer, Kamis (25/7/2019).

Kata Frengky, sejauh ini yang memberikan pembinaan dan modal usaha kepada mama-mama baru BUMN, dalam bentuk modal usaha.

Menurut Warer, walau pemerintah daerah seakan tutup mata, namun Solpap telah melakukan pendampingan, dan berusaha membina mama-mama Papua tersebut dari sejumlah peningkatan kapasistas, salah satunya mendampingi penggunaan modal yang diberi BUMN tersebut.

“Penjaga pasar mama-mama yang diutus oleh Pemkot sudah tidak bertugas di Pasar lagi. Jadi sekarang Solpap yang tangani mama-mama dan pasar,” katanya.

Pemerintah kata dia, seharusnya memberikan SK sepenuhnya kepada Solpap untuk menangani pasar dari lantai satu sampai lantai empat. Tapi soal fasilitas dan sebagainya tetap kerja sama dengan pemerintah.

Loading...
;

“Kami sudah ada bersama dengan mama-mama sebelum pasar ini berdiri, sehingga kami harapkan kerjasama dengan Pemerintah Kota Jayapura dalam hal ini Disperindakop untuk jangan ragu untuk memberikan kepercayaan kepada Solpap,” katanya.

Frengky Warer mengatakan, pihaknya juga sudah mendata mama-mama yang berjualan sehingga kedepan Solpap hanya butuh kerja sama dengan pemerintah untuk pembinaan, pelatihan dan memberikan modal,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, satu diantara pedagang di Pasar Mama-mama Papua,  mama Yuliana Pigai menyampaikan terima kasih kepada Solpap (Solidaritas Pedagang Asli Papua) karena telah bekerjasama dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan pendampingan selama ini, yang bertujuan membantu pengembangan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi.

“Kami harap perhatian seperti ini juga datang dari Pemkot Jayapura, serta Disperindakop untuk melakukan pendampingan dan memberikan modal untuk mengembangkan usaha yang lebih besar lagi,” katanya.

Ia juga berharap Pemkot dan dinas terkait untuk selalu datang mengontrol pasar mama-mama Papua, melihat fasilitas mana yang belum lengkap dan selalu aktif memberikan pendampingan. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top