Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Solpap tolak rencana jual daging sapi di Pasar Mama-Mama

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi – Solidaritas Pedagang Asli Papua (Solpap) sepakat menolak rencana penjualan daging sapi di Pasar Mama-Mama seperti diusulkan Pokja Papua.

Sekretaris sementara Solpap, Metty Romsumbre mengatakan, alasan penolakan karena pasar tersebut identik dengan mama-mama atau diperuntukkan untuk perempuan Papua, sedangkan usaha jual daging sapi identik dengan laki-laki.
 
“Takutnya nanti terjadi konflik dengan mama-mama lagi,” ujarnya kepada Jubi di Jayapura, Minggu (19/3/2017).
 
Alasan lain, kata Metty, Pokja Papua pernah mengatakan pasar tersebut harus halal dan tidak ada penjualan daging babi. Padahal pasar tersebut ada di Tanah Papua dan Pokja mestinya mengakomodir apa yang ada di Papua.
 
“Awalnya direncanakan di Pasar Mama-Mama sementara boleh berjualan daging babi sesuai pesanan pembeli, kami takut dengan membatasi penjualan daging babi mereka juga akan membatasi mama-mama jualan sagu, pinang, dan lainnya, masa kita mau batasi mereka punya usaha dan halalnya ini menjurus ke mana?” ujarnya.
 
Ia juga mengatakan, ada isu beredar pasar tersebut harus dibagi 60 persen untuk non Papua dan 40 persen untuk Papua.
 
“Tapi kami mau tegaskan, pasar ini murni perjuangan mama-mama asli Papua dan tidak ada yang lain,  karena itu kami sarankan semua mama-mama pergi bersama-mama untuk berjualan, tidak per kelompok,” katanya.
 
Sebelumnya, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) menginformasikan mendatangkan 20 ton daging sapi beku ke Jayapura untuk menekan harga pasaran Rp100 ribu per kg.
 
Staf Bagian Komersil PT PPI Eka Bukit mengatakan akan menjual daging sapi beku dengan harga Rp80 ribu per kg mulai 13 Maret di lima pasar. Kelima pasar disebut, Pasar Mama-Mama Papua, Pasar Prahara (Sentani), Pasar Skow Wutung, Pasar Youtefa, dan Pasar Hamadi. (*)

Solpap tolak rencana jual daging sapi di Pasar Mama-Mama 1 i Papua

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top