HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Sonny A Wanimbo dilantik menjadi Ketua DPRD Tolikara

Wakil Bupati Tolikara Dinus wanimbo berkaca Mata dan Ketua DPRD Sonny Arson Wanimbo Kemeja Biru tua Abu-abu dan Anggota DPRD dari Partai Nasdem lainnya- Jubi/Piter Lokon
Wakil Bupati Tolikara Dinus Wanimbo (ketiga dari kiri) dan Ketua DPRD Sonny Arson Wanimbo (keempat dari kiri) dan para anggota DPRD Tolikara dari Partai Nasdem. – Jubi/Piter Lokon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sonny Arson Wanimbo, politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang berusia 26 tahun, telah dilantik menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolikara periode 2019-2024 pada Jumat (6/3/2020). Sonny dilantik menjadi orang nomor satu parlemen Tolikara, lantaran Partai Nasdem memenangi 9 dari 30 kursi DPRD Kabupaten Tolikara.

Sonny Arson Wanimbo menyebut Partai Nasdem menjadi partai pemenang dalam Pemilihan Umum 2019 di Tolikara. Nasdem berhasil menempatkan sembilan orang kadernya di DPRD Tolikara, yaitu Sonny Arson Wanimbo, Epen Wonda, Tegius Tabuni, Gerson Narek, Nuwen Wenda, Tudin Yikwa, Meki Wanimbo, Kenius Pagawak, dan Duiron Penggu.

Ia menyatakan para politisi muda Nasdem itu merasa terpanggil untuk membangun Papua. “Walaupun kami secara usianya masih muda dan baru selesai kuliah, namun kami merasa terpanggil untuk masuk dalam politik untuk membangun dan menampung aspirasi rakyat Tolikara, serta mengawal dan merampung aspirasi selama 5 tahun mendatang,” ujar Wanimbo.

Wanimbo menyatakan dirinya tidak terpanggil ingin merasakan kekuasaan, namun rinci menyatukan rakyat Tolikara. “Salah satu hal rakyat Tolikara tidak bisa lupa adalah tragedi pilkada tahun 2012 terjadi perang. Sejak itu menyebabkan kabupaten Tolikara terjadi perpecahan dan ketertinggalan pembangunan dari kabupaten tetangga, (Puncak Jaya, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah dan lain-lain). Maka dari situ kami merasa bahwa salah satu pundak pembangunan ada pada SDM (Sumber Daya Manusia) Tolikara maka kami merasa terpanggil untuk maju dalam politik dengan harapan harus ada perubahan,” kata Wanimbo.

Ia menyatakan Partai Nasdem bertujuan membawa perubahan seperti yang disampaikan pada saat kampanye. “Kami mengambil tema saat kampanye Nasdem Kabupaten Tolikara tahun 2019 lalu bahwa Nasdem siap mempersatukan semua komponen dan siap membangun Tolikara tanpa ada  perbedaan,” kata Wanimbo.

Ia menambahkan, setelah kemenangan Partai Nasdem dan pelantikannya sebagai Ketua DPRD Tolikara, ia berharap pembangunan di Kabupaten Tolikara akan membawa perubahan, baik pembangunan fisik maupun non fisik.

Loading...
;

“Kami disini ada ketertinggalan dalam pembangunan sumber daya manusia, insfrastruktur, dan ada banyak [ketertinggalan lainnya]. [Pada masa lalu], pembangunan fisik dan non fisik tidak memadai, dan birokrasi juga tidak berjalan baik. Kami merasa harus ada perubahan terjadi,” kata Wanimbo juga yang Ketua DPD Nasdem Tolikara itu.

“Kami sekarang sudah dilantik, dan sekarang kami secara bersama-sama eksekutif sama-sama mengawal pemerintah berjalan. Kami tidak jadi oposisi dalam pemerintahan, tetapi kami akan menjadi mitra pemerintahan, itu harapan kami. Kalau ada perbedaan terus, kapan kami mau maju? Kami partai oposisi atau beda pendapat kemarin, tetapi sekarang menjadi mitra pemerintah,” Wanimbo.

Ketua DPRD Tolikara periode 2019 – 2024, Sonny Arson Wanimbo berfoto bersama Masyarakat setelah doa bersama yang digelar sebagai rasa syukur atas dilantiknya menjadi Ketua DPRD pada 6 Maret 2020. – Jubi/Piter Lokon

Ketua DPRD yang juga mahasiswa aktif program pendidikan S2 di salah satu Universitas di Jakarta itu mengajak masyarakat Tolikara bersatu padu dan bersama-sama membangun Kabupaten Tolikara. Karena kesatuanlah yang akan membawa perubahan bagi daerah.

“Perbedaan itu akan Nasdem tiadakan.  Kalau ada perbedaan diantara kita, mari kita tinggalkan karena semua yang terpilih adalah anak daerah. Jangan lagi ada perbedaan antara pendukung ini atau itu, ataukah ‘ko dari partai politik ini atau itu’, ‘ko dari golongan ini atau itu’, ‘ko dari suku ini atau suku itu’, ‘ko dari daerah ini atau daerah itu’, ‘ko dari marga ini dan marga itu’. Kita buang jauh…! Salah satu cara untuk menuju [perubahan] adalah persatuan dan kesatuan. Kami akan merangkul semua orang. Tokoh gereja, tokoh pemuda, tokoh perempuan, intelektual, semua kami rangkul untuk memajukan daerah [Tolikara] dari ketertinggalan,” ujar Wanimbo.

Ia juga mengajak kader semua partai politik untuk bersama-sama membangun Tolikara. “Mari teman-teman partai politik lain kita secara bersama-sama mendorong pembangunan di daerah kita. Soal perbedaan pilihan dan partai politik, itu biasa. Kami berharap kepada teman-teman DPRD terpilih, dan teman-teman pimpinan partai, teman-teman pembina partai politik, saya ajak bersama-sama mengawal pemerintahan tanpa perbedaan ‘ko dari partai ini’, ‘ko dari suku ini’, atau ‘ko dari marga ini’. Pandangan itu kita buang jauh-jauh,” harap Wanimbo.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPP Pusat Partai Nasdem, Pengurus Nasdem Wilayah Papua dan pembina Nasdem Tolikara yang mendukungnya hingga terpilih menjadi Ketua DPRD Tolikara. “Terima kasih juga terima kasih kepada semua pihak tas dukungan sehingga saya terpilih menjadi Ketua DPRD Tolikara, dan siap menampung aspirasi rakyat Tolikara,” kata Wanimbo.

Bupati Kabupaten Tolikara, Usman Wanimbo berharap pelantikan anggota dan pimpinan DPRD Tolikara 2019-2024 akan mengawali tugas para wakil rakyat dalam mengangkat aspirasi masyarakat di Tolikara. “Saya harapkan mereka bisa mengawasi pemerintah untuk menyelenggarakan pemerintahan. Kontrol pembangunan secara baik, agar pembangunan untuk masyarakat itu berjalan dengan baik,” kata Bupati Tolikara.

Meskipun tidak berasal dari Partai Nasdem, Usman Wanimbo yakin dirinya akan tetap bisa bekerjasama dengan DPRD Tolikara yang didominasi Partai Nasdem. “Semua kan anak daerah. Partai saya dapat hanya 7 kursi, walaupun periode yang lalu partai saya terpilih sebagai Ketua [DPRD]. Akan tetapi, kali ini yang menjadi Ketua DPRD dari Partai Nasdem. Mereka ini adalah anak-anak Tolikara yang punya hak mendapatkan keadilan yang sama,” kata Usman Wanimbo.(*)

Editor: Admin Jubi

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa