Follow our news chanel

Previous
Next

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua
Rapat Tim Pelaksana Penegakkan Protokol Kesehatan Nabire, Kamis (8/10/2020) - Jubi/Titus Ruban.

Sosialisasikan dahulu sanksi pelanggaran protokol kesehatan

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi Pemerintah Kabupaten Nabire telah membentuk tim pelaksanaan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan pandemi Covid-19. Tim yang terbentuk pada awal bulan ini tersebut siap menegakkan sanksi terhadap para pelanggar protoko kesehatan.

“Sejak tim terbentuk, kami sudah dua kali rapat. Kami akan menindaklanjuti dan menyosialisasikan aturan mengenai pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19,” kata Pieter Erari, sekretaris tim,  Kamis (8/10/2020).

Erari mengatakan terus meningkatnya kasus penyebaran Covid-19 di Nabire menjadi dasar utama pembentukkan tim. Karena itu, selain sosialisasi mengenai prokol kesehatan, mereka akan menindak para pelanggar.

“Sasarannya ialah perorangan dan kelompok (warga) yang berkumpul. Itu semisal di tempat wisata atau pertemuan yang tidak mengindahkan protokol kesehatan,” jelas Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Nabire tersebut, seusai rapat.

Tim akan mengefektifkan masa sosialisasi selama dua pekan sebelum menerapkan aturan sanksi terhadap pelanggar protokol kesehatan. Adapun sanksi tersebut berupa denda sebesar Rp50 ribu untuk perseorangan, dan Rp500 ribu bagi kelompok.

“Ini (penjatuhan sanksi) merupakan alternatif terakhir dalam penegakkan disiplin. Makanya, sosialisasi akan dimulai pada 14 Oktober. Setelah itu, langsung penindakan (sanksi diberlakukan terhadap pelanggar),” lanjut Erari.

Wakil ketua  tim Samuel D Tatiratu menambahkan sosialisasi diprioritaskan di lokasi keramaian, seperti pasar tradisional. Tim yang juga diperkuat oleh aparat keamanan dan Polisi Pamong Praja tersebut juga akan berpatroli keliling kota.

Loading...
;

“Pekan pertama (masa sosialisasi) dimulai dengan pembagian masker (gratis). Pekan kedua, pemberian peringatan (kepada pelanggar protokol kesehatan), dan pekan ketiga, penindakan,” kata Tatiratu.

Erari dan Tatiratu  berharap masyarakat bersimpati terhadap upaya mereka dalam menyosialisasikan dan menegakkan aturan tersebut. Menurut mereka, itu semua demi keselamatan seluruh warga Kabupaten Nabire. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Scroll to Top