Follow our news chanel

Stadion alternatif cabor sepak bola harus dipersiapkan

Ilustrasi Stadion Utama PON Papua - Jubi/Arjuna Pademme.
Stadion alternatif cabor sepak bola harus dipersiapkan 1 i Papua
Ilustrasi Stadion Utama PON Papua – Jubi/Arjuna Pademme.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komisi V DPR Papua yang membidangi olah raga mengingatkan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau PB PON Papua mencari stadion alternatif untuk penyelenggaraan pertandingan cabang olahraga (cabor) sepak bola saat pelaksanaan PON XX di Papua, 2020 mendatang.

Ketua Komisi V DPR Papua, Jack Kamasan Komboy mengatakan, rencananya cabor sepak bola hanya dipertandingkan di dua stadion, yakni Stadion Mandala Jayapura dan Stadion Utama Papua Bangkit.

“Ini mesti dipertimbangan PB PON. Informasi yang kami dapat, Stadion Barnabas Youwe di Kabupaten Jayapura untuk cabor rugbi. Sementara Stadion di Mimika, juga tidak bisa digunakan untuk cabor sepak bola, tapi saya belum tahu alasannya,” kata Jack Komboy, Rabu (25/9/2019).

Katanya, pertandingan cabor sepak bola tidak mungkin hanya digelar di dua stadion. Mesti ada stadion alternatif karena Stadion Papua Bangkit direncanakan hanya digunakan menggelar pembukaan, partai final dan penutupan PON.

“Hari ini kita tahu ada beberapa tim sepak bola di Papua yang berkompetisi di Liga 2. Standar Liga 2 sedikit di atas persiapan PON. Misalnya stadion Marora, Kabupaten Kepulauan Yapen dan stadion di Biak. Saya pikir keduanya layak, tapi sarankan saya, sebaiknya stadion di Biak karena akses transportasinya lebih dekat dan fasilitasnya sudah memadai,” ujarnya.

Komboy juga mengingatkan PB PON melakukan sosialisasi secara intens agar masyarakat Papua di wilayah klaster PON dapat mempersiapkan diri, mengambil keuntungan dari sisi ekonomi saat pelaksanaan even empat tahunan itu.

Loading...
;

“Kami ingin penyelenggaraan PON memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat. Ada manfaat nyata yang dirasakan masyarakat Papua,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PB PON Papua, Yunus Wonda mengatakan hingga kini progres persiapan pelaksanaan PON Papua terus dilakukan, termasuk pembangunan venue yang dibiayai dari dana APBD Provinsi Papua dan APBN.

“Untuk APBD provinsi mungkin selesai Desember 2019. Kini progresnya sudah 80 persen, dan dari dana APBN mungkin Maret atau April 2020 baru selesai,” ujar Wonda. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top